alexametrics

Kalteng Siapkan Data Konkret Pemindahan Ibu Kota

25 Juni 2019, 20:00:41 WIB

JawaPos.com – Pemprov Kalteng menyiapkan berbagai data pendukung kelayakan daerah tersebut sebagai Ibu Kota Pemerintahan Republik Indonesia. Wilayah yang disiapkan meliputi di segi tiga emas.

Data tersebut berupa ketersediaan air bersih, luasan lahan, sumber daya manusia, sumber daya alam, sosial kemasyarakatan, kebudayaan, dan agama.

Selain itu, kerawanan banjir dan ancaman kebakaran hutan dan lahan juga menjadi data yang dipersiapkan. “Data-data ini penting untuk dipersiapkan, karena tanoa data yang akurat dan valid. Maka, tidak mungkin ditetapkan sebagai Ibu Kota,” kata Sugianto Sabran.

Dia mengatakan, keamanan Kalteng dan tingkat sosial masyarakat juga menjadi data penting bagi pemerintah pusat. Untuk itu, gubenrur meminta semua data dipersiapkam dengan baik.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran (Istimewa)

“Jangan sampai ketika paparan data tidak lengkap dan hanya menggunakan perkiraan. Ini akan mempermalukan gubernur dan Kalteng. Berikan data lengkap yang Kalteng miliki sebagai sebagai ibu kota,” ucapnya.

Menurut Sugianto, Kalteng memiliki keunggulan dan kelemahan dari calon ibu kota lainnya. Namun, dia yakin Kalteng lebih layak menjadi ibu kota pemerintahan.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama perangkat daerah. (Istimewa)

“Kalau banjir semua banjir, tapi apakah Kalteng parah. Tidak, itu terjadi hanya pemukiman dekat bantaran sungai. Dan itu terjadi karena luapan air yang sebenarnya bisa ditanggulangi. Kemudian, infrasturktur masih kurang, tetapi itu dapat dipenuhi. Begitu juga asap, itu bisa diatasi,” pungkasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM



Close Ads