JawaPos Radar | Iklan Jitu

Geo Survei Temui Objek Diduga KM Sinar Bangun di Kedalaman 490 Meter

25 Juni 2018, 16:37:32 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Geo Survei Temui Objek Diduga KM Sinar Bangun di Kedalaman 490 Meter
Panglima TNI Hadi Tjahjanto (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menduga objek yang menyerupai kapal pada kedalaman 490 meter di Danau Toba adalah KM Sinar Bangun. Pasalnya, masih ada ratusan korban yang diduga terperangkap di badan kapal tersebut.

"Mudah-mudahan segera ditemukan. Memang benar kapal yang diduga kuat itu adalah yang sedang kita cari," ujarnya di Rupatama Mabes Polri, Jakarta, Senin (25/6).

Kendati demikian, Hadi menyebut tim dari Geo Survei yang menemukan objek menyerupai kapal di kedalaman 490 meter itu sudah teruji kualitasnya. Mereka pernah berpengalaman menemukan pesawat AirAsia yang hilang kontak pada akhir Desember 2014 silam.

"Dari Geo Survei ini pernah berpengalaman pada waktu itu untuk menemukan pesawat di Pulau Jawa, Air Asia. Dan pada waktu itu sama ditemukan di Danau Toba. Namun kita herus meyakinkan lagi apakah benar yang ditemukan saai ini KM Sinar Bangun," kata Hadi.

Untuk memastikannya, Badan SAR Nasional (Basarnas) dan TNI AL telah mengerahkan beberapa alat. Jika memang objek tersebut benar KM Sinar Bangun, Tim Geo Survei akan mengangkatnya ke daratan.

"Segera kita cari teknik untuk mengangkat kapal tersebut, tentunya dengan beberapa teknik yang direncanakan Basarnas dibantu oleh TNI AL," pungkas Hadi.

Sekadar informasi, berdasarkan data dari Basarnas, posisi yang terindikasi titik KM Sinar Bangun berjarak sekitar 786 meter dari lokasi perkiraan awal. Berada sekitar 2 kilometer sampai 2,5 kilometer arah barat daya dari posko utama tim SAR di Pelabuhan Tigaras.

Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menyatakan, laporan tentang temuan objek tersebut didapatkan sekitar pukul 15.30 WIB. Namun, unit survei tanggap darurat mengaku sudah mendapat informasi temuan objek terindikasi bangkai KM Sinar Bangun menjelang siang hari.

(dna/ce1/JPC)

Alur Cerita Berita

Pesan Jokowi Usai Tragedi KM Sinar Bangun 25 Juni 2018, 16:37:32 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up