alexametrics

Sultan HB X Ingatkan Warga, Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

25 Mei 2022, 06:46:14 WIB

JawaPos.com–Gubernur Daerah Istimewa Jogjakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengingatkan warganya bahwa pandemi belum berakhir. Saat ini kasus harian Covid-19 di provinsi itu telah melandai.

”Selama (status) pandemi ini belum dicabut di mana kita masih di (PPKM) level 2 berarti masih pandemi,” kata Sultan seperti dilansir dari Antara di Kompleks Kepatihan, Jogjakarta.

Menurut Sultan, tidak adanya penambahan kasus harian Covid-19 di DIJ pada Senin (23/5), hanya mengindikasikan bahwa situasi penularan korona telah melandai.

”Kondisinya sudah ke arah landai tapi kita tidak bisa mengatakan Jogjakarta sudah endemi. Itu tidak boleh karena ketentuannya yang bisa mengatakan endemi itu WHO. Kita hanya bicaranya landai,” ujar Sultan.

Dengan demikian, menurut Raja Keraton Jogjakarta itu, protokol kesehatan tetap harus diterapkan. Termasuk menggunakan masker sekalipun nanti berada pada PPKM level 1.

”Kalau level 1 sudah lebih bebas, tetapi level 1 tetap pandemi. Dalam keadaaan masyarakat dibebaskan belum dikatakan endemi berarti tetap nganggo (memakai) masker,” ujar Ngarsa Dalem sapaan Sultan HB X.

Sebelumnya, Pemda DIJ mencatat lima kabupaten/kota di provinsi itu nol penambahan kasus Covid-19 pada Senin (23/5). Meski demikian, pada Selasa (24/5) kasus harian Covid-19 di DIJ kembali bertambah enam kasus sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 220.647 kasus.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads