alexametrics

Pemprov Kaji Penyetaraan Gaji Guru Honorer sesuai UMP

25 Mei 2019, 11:04:56 WIB

JawaPos.com – Rencana penyetaraan gaji guru honorer di Kalimantan Tengah (Kalteng) sama dengan upah nimimum provinsi (UMP) dilakukan secara bertahap. Langkah dilakukan untuk melihat kesiapan anggaran di setiap kabupaten/kota.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng berkomitmen menyetarakan gaji guru honorer pada 2020. Harapannya, komitmen itu sejalan dengan keinginan dari pemerintah kabupaten/kota yang ingin melakukan peningkatan kesejahteraan secara bertahap.

“Guru-guru honorer ini memiliki peran dalam mendukung pendidikan di Kalteng, makanya kesejahteraan mereka perlu diperhatikan,” kata gubernur kepada JawaPos.com, Sabtu (25/5).

Diakuinya, terkaitan kenaikan gaji guru honorer ini pemerintah perlu mempertimbangkan kesiapan anggaran. Untuk itu, setiap kabupaten/kota harus memiliki kebijakan dan gambaran mengenai kenaikan upah tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kalteng H Nuryakin menambahkan, rencana kenaikan gaji tersebut sangatlah baik. Pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak terkait bagaimana perhitungan penambahan itu. Seperti melihat jumlah guru honorer saat ini, termasuk penghitungan jumlah jam kerja dari setiap guru honorer itu.

Dia meyakini setiap guru dengan mata pelajaran yang berbeda tentu memiliki jam mengajar yang beda pula. “Kebijakan ini dikeluarkan oleh gubernur. Untuk itu perlu dibahas mekanisme bersama dinas terkait, sehingga kesejahteraan guru honorer dapat meningkat,” ucapnya kepada media saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : ARM



Close Ads