JawaPos Radar | Iklan Jitu

Letusan Merapi Diprediksi Tidak Sehebat 2010

25 Mei 2018, 14:31:09 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida
MAGMATIS: Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida menjelaskan jika terjadi letusan magmatis, magma akan meleleh. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Letusan magmatis Merapi cenderung akan bersifat efusif jika nantinya terjadi. Magma yang keluar meleleh dan membentuk kubah baru di pucuk.

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta Hanik Humaida mengatakan, letusan efusif sifatnya magma meleleh.

"Magma ini menuju ke permukaan pelan sekali. Ketika akan ke permukaan, meleleh. Ada kemungkinan membentuk kubah lava baru," katanya, di kantornya Jumat (25/5).

Gunung Merapi
ILUSTRASI Letusan magmatis Merapi cenderung akan bersifat efusif jika nantinya terjadi. Magma yang keluar meleleh dan membentuk kubah baru di pucuk. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Sifat letusan seperti ini tidak berbahaya dibandingkan erupsi 2010 silam yang eksplosif dan menyebabkan banyak korban jiwa. Magma yang keluar meleleh, seperti pada peristiwa 2002 dan 2006 silam.

Keluarnya secara pelan magma ini karena tidak ada pressure gas yang sangat tinggi dari dalamnya. Saat ini kondisi terakhir, gunung api itu pun masih belum banyak perubahan. Yaitu suhu deformasi belum terindikasi kuat.

Pada 21 Mei dan seterusnya, lanjutnya, mulai awal letusan magmatis. Akan tetapi, meski sudah memasuki awal letusan magmatis ia belum bisa memastikan apakah memang akan terjadi lelehan magma atau tidak.

Pihaknya hanya menyatakan setiap kali ada perkembangan akan disampaikan kepada masyarakat. "Material magmatik sudah mau muncul," ucapnya.

Letusan yang bersifat efusif ini juga rentetan dari erupsi 11 Mei lalu. Peristiwa itu mengakibatkan sisa material erupsi 2010 silam di permukaan kawah keluar.

"Material lama di permukaan yang menyumbat saluran magma, keluar. Karena adanya pressure gas, akumulasi gas serta air dari bawah mendobrak material lama di permukaan itu. Itu yang terjadi pada letusan 11 Mei itu," pungkasnya.

(dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Gunung Merapi Erupsi, Solo Hujan Abu Tipis 25 Mei 2018, 14:31:09 WIB
Sehari, Merapi Sudah Dua Kali Erupsi 25 Mei 2018, 14:31:09 WIB
Merapi Semburkan Abu Setinggi 700 Meter 25 Mei 2018, 14:31:09 WIB
Bertahan di Tengah Letusan Gunung Merapi 25 Mei 2018, 14:31:09 WIB
Lihat semua

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up