JawaPos Radar

K9 Ikut Amankan Toko Emas

25/05/2018, 15:42 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Anjjing Pelacak
Anjing Unit K9 saat patroli di seputaran Blauran, Jumat (25/5). (Polrestabes Surabaya for JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Warga biasanya banyak yang mengunjungi toko-toko emas menjelang Hari Raya Idul Fitri. Untuk memberikan rasa aman, polisi meningkatkan pengamanan di toko-toko tersebut.

Seperti yang terlihat di Jalan Blauran, Surabaya, Jumat (25/5). Toko-toko emas memang berjajar di sepanjang jalan tersebut. Polrestabes Surabaya menerjunkan anggota Raimas dan anjing Unit K-9 untuk berpatroli.

Selama hampir dua pekan terakhir, polisi memang disibukkan dengan penanganan teror bom yang menyerang Surabaya. Kendati demikian, mereka tetap ingin memberikan rasa aman di tengah-tengah masyarakat. Salah satunya adalah dengan patroli.

Anjing Pelacak
Anjing Unit K9 saat patroli di seputaran Blauran, Jumat (25/5). (Polrestabes Surabaya for JawaPos.com)

"Jangan sampai kami mikir bom terus, ternyata tahu-tahu ada perampokan. Kami harus mengayomi masyarkat," terang Kasubnit Pamobvit Satsabhara Polrestabes Surabaya Ipda Kastur yang memimpin patroli.

Kehadiran polisi sempat membuat kaget beberapa pengunjung dan pemilik toko emas di Jalan Blauran. Mereka memang masih sedikit khawatir dengan teror bom. Namun setelah diberi pengertian oleh polisi, mereka senang karena mendapat pengamanan berlipat.

Kastur menambahkan, pengamanan di toko-toko emas memang sudah menjadi agenda rutin. Terutama saat bulan Ramadan menjelang Lebaran. "Pembelinya memang lebih meningkat. Jadi kami juga harus meningkatkan pengamanan. Kami prioritaskan dulu patroli dialogis," tambahnya.

Patroli dialogis yang dimaksud adalah dengan memberikan imbauan-imbauan. Misalnya agar berhati-hati dengan barang bawaannya, lalu peka dengan kondisi di sekitar, serta cepat tanggap apabila menjadi korban kejahatan.

Kehadiran anjing K9 sendiri juga turut membantu tugas polisi. Selain piawai mengendus, mereka juga terlatih untuk menyerang apabila berhadapan dengan pelaku kejahatan.

Selain di Jalan Blauran, patroli akan terus mobile ke pusat keramaian lainnya. "Kami juga akan masuk ke mal-mal maupun patroli ke ruang publik lainnya," tegas Kastur.

(did/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up