alexametrics

BBPOM Makassar Sidak Toko Parcel Jelang Lebaran

25 April 2022, 16:50:32 WIB

JawaPos.com–Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar menggelar inspeksi mendadak (sidak) sejumlah toko parcel dan toko swalayan di Makassar. Itu dilakukan jelang Lebaran.

”Kami melakukan pemantauan untuk memastikan produk yang dibuat parsel atau hampers itu aman untuk konsumen,” kata Kepala BBPOM Makassar Hardaningsih seperti dilansir dari Antara di Makassar, Senin (25/4).

Dia mengatakan, pelaksanaan sidak bersama instansi terkait, termasuk Asisten II Pemkot Makassar Rusmayani Madjid, menjadi agenda rutin setiap tahun yang dilakukan jelang Lebaran. Toko parcel yang dikunjungi untuk sidak di antaranya toko parcel di Jalan Bulukunyi dan Jalan Sungai Saddang, Makassar. Selain itu toko swalayan Toko Satu Sama.

Dari hasil pantauan tersebut, Hardaningsih mengatakan, tidak ada ditemukan produk yang dijadikan parcel yang sudah kedaluwarsa.

Sementara itu, salah seorang pemilik toko parcel yang dikunjungi tim BBPOM dan instansi terkait, Aisyah mengatakan, produk yang dibeli dari toko retail untuk dijadikan parsel sudah diseleksi. Sehingga, dipastikan tidak ada yang kedaluwarsa.

”Ini juga untuk menjaga nama toko kami, sekaligus menjaga kepercayaan pelanggan,” ucap Aisyah.

Mengenai animo pembeli parsel pada saat jelang Lebaran tahun ini, diakui lebih baik dibandingkan dalam kurun dua tahun lalu saat pengetatan PPKM akibat pandemi Covid-19 diberlakukan. Menurut dia, saat ini ada peningkatan 50 persen animo pembelian parsel dibandingkan tahun lalu.

Sebagai gambaran, capaian pembelian 50 buah hingga 75 buah keranjang parcel per hari dalam sepekan terakhir. Adapun harga parsel yang dijual mulai dari Rp 150 ribu per unit hingga Rp 4,5 juta per unit yang isinya selain berbagai jenis produk makanan dan minuman, juga dilengkapi dengan seperangkat cangkir mewah.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini: