alexametrics

Tinggalkan Pemilu, Kota Pariaman Konsentrasi pada Pilkades

4 Calon Kades Adu Visi Misi
25 April 2019, 19:45:11 WIB

JawaPos.com – Hiruk pikuk Pemilu 2019 seperti mulai ditinggalkan masyarakat Kota Pariaman, Sumatera Barat. Kota yang dikenal dengan Sala Lauak itu kini tengah berkonsentrasi melanjutkan proses pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.

Saat ini terdapat 32 desa yang tersebar di empat kecamatan tengah menggelar pilkades secara serentak. Bahkan kini sudah masuk pada tahapan kesembilan yakni penyampaian visi misi para calon kades. Untuk Desa Kampung Baru Kecamatan Pariaman Tengah telah melangsungkan penyampaian visi misi di Aula Gedung Islamic Centre Desa Kampung Baru, Rabu (24/04) malam.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD) Zulhimra mengatakan, tujuan diadakannya penyampain visi dan misi para calon kades itu untuk memberikan gambaran kepada masyarakat tentang program kerja yang akan mereka lakukan jika nanti terpilih. Dengan paparan para kades itu, masyarakat bisa menentukan pilihannya nanti.

“Dengan tata-tertib yang telah dibuat oleh Panitia dan disepakati penyampaian visi dan misi dibatasi dengan durasi waktu yang telah ditetapkan. Untuk sesi penyampaian masing-masing calon akan di loting sesuai dengan nomor lot yang mereka dapatkan bukan dari nomor urut mereka masing-masing”, jelas Zulhimra. Pilkades Serentak di Kota Pariaman ini akan berlangsung pada Minggu (28/4).

Penyampaian visi dan misi empat calon kades Kampung Baru tersebut cukup meriah. Bahkan tidak kalah dengan Pemilu 2019. Rabu (24/4) sore para calon itu diarak keliling Desa Kampung Baru dan diiringi dengan gandang tasa. Tidak lupa juga semua calon dan Panitia Penyelenggara mampir ke rumah mantan kades Mahyuddin Akang untuk meminta doa restu supaya penyelenggaraan Pilkades nantinya berjalan lancar dan sukses. Setelah diarak baru malam harinya semua calon kades diminta untuk menyampaikan visi dan misinya.

Adapun keempat calon kades itu adalah Ali Zuti, Rasyid, Afrianti, dan Ade Busra. Afrianti merupakan satu-satunya calon perempuan.

Ali Zuti dalam penyampaian visi-misi menyatakan perlu adanya pendataan kembali terhadap masyarakat untuk menggali potensi daerah. Desa Kampung Baru menjadi desa yang terbaik di Kota Pariaman. Begitu juga dengan Rasyid. Dia mengungkapkan, warga Desa Kampung Baru harus maju dan sejahtera. Semua itu harus didukung oleh sarana prasarana yang baik dan aparatur pemerintahan yang handal.

Sedangkan Afrianti mengatakan, ingin mewujudkan Desa Kampung Baru menjadi desa kunjungan yang kreatif melalui pemberdayaan dalam memantapkan skill masyarakat, religius, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui budaya gotong royong. Ade Busra menuturkan, ingin memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat yang meliputi pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif juga jasa.

Keempat calon berharap semoga penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa ini nantinya bisa berjalan lancar dan sukses, dan siapa pun nantinya yang dudukl sebagai Kepala Desa mereka akan menerimanya dengan hati yang lapang tanpa adanya tuntutan apapun dikemudian hari.

Editor : Ilham Safutra


Close Ads