alexametrics

PT KAI Minta Warga Tidak Buat Persimpangan Liar

25 April 2019, 15:29:28 WIB

JawaPos.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) persero mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal di sekitar jalur kereta api agar tidak membuat persimpangan sebidang liar. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan yang melibatkan kereta api. Di samping itu, imbauan ini juga untuk memastikan keamanan dan kelancaran kereta api.

Manajer Humas PT KAI persero Daop VI Jogjakarta, Eko Budiyanto mengatakan, selama ini PT KAI sudah berupaya untuk menutup perlintasan sebidang liar di sepanjang wilayah Daop VI. Penutupan tersebut dilakukan tidak lain adalah untuk memberikan kenyamanan penumpang kereta serta mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

“Di wilayah Daop VI Jogjakarta terdapat ratusan perlintas sebidang ilegal atau liar. Dan kami sudah melakukan penutupan puluhan perlintasan liar,” terangnya kepada JawaPos.com, Kamis (25/4).

Ada beberapa kriteria penutupan perlintasan liar ini dilakukan. Salah satunya adalah jarak antara perlintasan satu dengan yang lain tidak lebih dari 500 meter. Selain melakukan penutupan perlintasan liar, Eko menambahkan, pihaknya juga mengimbau kepada warga agar tidak lagi membuat perlintasan liar.

“Kami minta agar masyarakat tidak membuat perlintasan kiar. Sekarang ini laju kereta api sudah lebih cepat, dan kebisingan kereta sudah diminimalisir. Ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang kereta,” katanya.

Terlebih, lanjut Eko, sekarang ini PT KAI persero juga sudah membuat jalur ganda. Otomatis kereta yang akan melintas juga akan lebih sering dibandingkan sebelumnya. Selain itu, Eko juga mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah melajukan inspeksi jalur kereta yang masuk dalam wilayah Daop VI Jogjakarta.

Inspeksi ini untuk memastikan bahwa jalur kereta yang akan dilintasi terutama untuk keperkuan angkutan mudik Lebaran aman. “Dari hasil inspeksi titik yang masuk rawan longsor itu seperti di jalur Kalioso-Gundi,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ari Purnomo



Close Ads