alexametrics

Tol Mapan Seksi 5 Bakal Digeser 8 Meter ke Arah Sungai Amprong

25 Maret 2019, 19:11:45 WIB

JawaPos.com – PT Jasamarga Pandaan Malang (PT JPM) bakal menggeser trase tol Malang Pandaan seksi 5 sejauh 8 meter yang ada di lokasi temuan situs purbakala. Jasa Marga juga berencana membuat trase tol yang baru.

Keputusan itu diambil usai pihaknya melakukan pertemuan dengan pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Senin (25/3). Direktur Utama PT Jasamarga Pandaan Malang (PT JPM) Agus Purnomo mengatakan, kesimpulan sementara akan ada pergeseran trase tol kurang lebih 8 meter ke arah Sungai Amprong.

“Jadi dari yang (temuan)semula, akan bergeser 8 meter. Karena dari hasil ekskavasi itu dimungkinkan 8 meter dari struktur pondasi yang ada itu aman,” ujarnya.

Berdasarkan hasil keputusan tersebut, pihaknya akan segera membuat rencana trase tol yang baru. Pihaknya pun belum bisa membeberkan seperti apa trase yang baru tersebut. “Konstruksi seperti apa masih mau dipikirkan dulu, kan itu perlu ada kajian-kajian oleh tenaga-tenaga ahli yang berkompeten kan,” kata Agus.

Menyusul hal itu, pihaknya juga belum bisa menyampaikan berapa anggaran yang dikeluarkan untuk pergeseran tersebut. “Anggaran belum, ini belum direncanakan, baru tahu bergeser sekian kan nanti di hitung, belok sekian, konstruksinya harus jenis apa yang tepat,” jelasnya.

Agus menjelaskan, terkait temuan 2 arung yang ada di dekat Sungai Amprong, menurutnya hal itu tidak terlalu berpengaruh. Pasalnya, berdasarkan hasil kajian BPCB, arung tersebut merupakan struktur di luar bangunan situs.

“Kesimpulan dari situ tidak apa-apa, jadi bukan bangunan yang satu kesatuan dengan itu (situs), ya mungkin itu ada bangunan setelah itu. Itu bukan masuk kategori situs,” kata dia.

Ketika ditanya terkait keamanan konstruksi sungai, Agus menjelaskan akan dipikirkan lebih lanjut mengenai teknisnya.

Pengerjaan tol seksi 5 sendiri saat ini masih mandek akibat temuan situs tersebut. PT JPM masih belum mengetahui pengerjaan tersebut akan dilanjutkan. “Saya sekarang ini masih nunggu surat resmi dari Dirjen Kebudayaan sampai menetapkan ini resmi digeser 8 meter, nanti suratnya kan ke Mentri PU, nanti dari PU turun sampai ke kami. Menunggu itu,” paparnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Fiska Tanjung

Tol Mapan Seksi 5 Bakal Digeser 8 Meter ke Arah Sungai Amprong