alexametrics

Target Pembangunan MRT Tahap II Selesai Pada 2024

25 Maret 2019, 05:30:21 WIB

JawaPos.com – Usai merampungkan pembangunan Mass Rapid Transit/Moda Raya Terpadu (MRT) tahap I, pemerintah dan PT MRT segera membangun proyek pembangunan tahap II. Direktur Utama PT MRT William Sabandar meyakinkan, pembanguanan MRT tahap II sedang dalam tahap proses pengerjaan.

Pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) itu, setidaknya PT MRT sudah menyelesaikan lelang paket SP 200 pembangunan gardu bawah tanah di Kawasan Monas. Saat ini dalam proses pelelangan untuk SP 201 dari Bundaran HI sampai Harmoni.

William mengatakan, pelelangan paket-paket akan dilakukan selanjutnya. Mengingat sekarang sedang proses pembebasan lahan utilitas itu yang diharapkan.

“Kalau dilakukan hari ini on time, maka MRT Jakarta tahap II Bundaran HI-Kota diharapkan selesai tahun 2024,” kata William, Minggu (24/3).

Anggaran yang disediakan untuk pembangunan MRT tahap II disediakan Rp 22,5 Triliun. Anggaran tersebut digelontorkan dari pembiayaan pinjaman pemerintah Jepang.

“Sekarang barangnya sudah tersedia jadi tinggal dikerjakan,” ujarnya.

Pembangunan tahap II MRT ini sedikitnya ada delapan stasiun yang akan dibangun. Kedelapan stasiun itu berawal dari Stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, hingga Kota Tua. 

“Dengan adanya pembangunan MRT tahap II ini, maka akan ada penambahan kawasan integrasi. Bersamaan dengan itu, MRT juga akan membangun Transit Orientasi Development (TOD),” ujarnya.

Sementara itu, untuk pembangunan MRT tahap III akan dicanangkan dari Kalideres, Jakarta Barat hingga Ujung Menteng, Jakarta Timur. Perlintasan yang dibutuhkan dalam pembangunan fase ketiga ini membutuhkan panjang perlintasan MRT hingga 31 Kilometer.

“Untuk pembangunan MRT tahap ketiga belum ada, anggaran belum ditentukan. Ini baru proses desain,” imbuh William.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Target Pembangunan MRT Tahap II Selesai Pada 2024