alexametrics

Tak Lapor Dana Kampanye, 4 Parpol di Jateng Dicoret

25 Maret 2019, 16:35:13 WIB

JawaPos.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) membatalkan keikutsertaan 4 partai politik pada Pemilu di Jawa Tengah. Musababnya, keempatnya tak kunjung melapor dana kampanye dan tak mengajukan calon legislatif di tingkatan kabupaten/kota.

Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Jateng, Muslim Aisha, membeberkan, keempat partai itu adalah Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda (Gerakan Perubahan Indonesia), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). Namun, pencoretan itu terjadi hanya di level kabupaten/kota saja.

“Sementara kalau tingkat provinsi tidak ada,” kata Muslim, Senin (25/3). Katanya, pembatalan itu terjadi di lebih dari satu kabupaten.

Keempat parpol ini dicoret lantaran tidak menyampaikan laporan awal dana kampanye (LADK) sampai batas waktu yang ditetapkan KPU. Serta tak mengajukan caleg di tingkat DPRD meski mempunyai kepengurusan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

Menurut Muslim, Partai Garuda dan PKPI menjadi parpol dengan jumlah kabupaten/kota paling banyak dibatalkan keikutsertaannya. Masing-masing dicoret kepesertaannya dari 10 kabupaten/kota.

“Empat parpol tersebut dibatalkan kepesertaannya sesuai dengan tingkatannya,” tambah Muslim. Pembatalan tersebut sesuai surat keputusan KPU RI Nomor 744/PL.01.6-Kpt/KPU/III/2019 tertanggal 21 Maret 2019.

Untuk Partai Garuda pencoretan terjadi di Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Boyolali, Jepara, Demak, Batang, Pekalongan, Tegal. Kemudian, Kota Surakarta dan Pekalongan. 

Sedangkan pembatalan kepesertaan PKPI, ada di Kabupaten Banjarnegara, Purworejo, Kendal, Batang, Pekalongan, Pemalang, Brebes. Juga Kota Magelang, Pekalongan dan Tegal. 

Sementara dua partai sisanya dicoret di satu daerah. PBB dicoret di Kabupaten Pemalang dan Partai Hanura di Kabupaten Sukoharjo.

Parpol-parpol ini nantinya tidak diikutkan dalam perhitungan perolehan kursi di seluruh daerah pemilihan (Dapil) untuk tingkat kabupaten/kota terkait. Tapi untuk perolehan suara DPRD Provinsi, dan DPR RI bakalan tetap dihitung.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Tak Lapor Dana Kampanye, 4 Parpol di Jateng Dicoret