alexametrics

Sulit Login UNBK, Mendikbud: Pasti Terjadi

25 Maret 2019, 18:25:59 WIB

JawaPos.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meyakinkan kendala sulitnya login Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada Senin (25/3) hanya masalah lot jams saja. Hingga akhirnya terjadi bottleneck (komponen server tak bekerja maksimal), karena diakses secara bersama di seluruh Indonesia.

“Nggak, nggak pengaruh itu. Saya sudah sampaikan ingatkan berkali-kali. Pasti terjadi lot jams, karena dalam waktu bersamaan di seluruh Indonesia mau masuk kan dan terjadi bottleneck,” katanya, saat ditemui di P4TK Matematika Kemendikbud, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ), Senin (25/3).

Menurut Muhadjir, karena login secara bersamaan di seluruh Indonesia itu akhirnya server membutuhkan waktu 10-15 menit untuk membuka akses melalui server cadangan. Upaya ini, lanjutnya telah diantisipasinya jauh-jauh hari.

“Itu sudah kami antisipasi. Biasanya hari kedua sudah tidak ada kendala lagi seperti itu. Hanya di hari pertama, ibaratnya orang melahirkan itu saat-saat kritis,” katanya.

Mereka yang kesulitan login pun, tak perlu dirisaukan. Karena pasti ada tambahan sesuatu dengan waktu yang hilang. “Ya pasti, sesuai dengan (waktu) yang hilang,” ucapnya.

Dalam penyelenggaraan UNBK sendiri secara berangsur telah mengalami perbaikan. Setidaknya selama 4 tahun terakhir berhasil menghapus hampir 99 persen praktik curang. “Dulu kecurangan sangat sistematis dan terstruktur. Tapi sekarang dengan UNBK yang telah berjalan 4 tahun berhasil menghapus hampir 99 persen praktik kecurangan dan ketidakjujuran,” ujarnya.

Hal ini menjadikan tingkat kepercayaan sangat tinggi dan peserta didik lebih nyaman serta percaya diri dalam menjalaninya. “Siswa jadi gembira, nyaman, karena akan mendapatkan pengakuan dari publik atau pihak yang kelak memanfaatkan hasil ujian nasional mereka,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Copy Editor :

Sulit Login UNBK, Mendikbud: Pasti Terjadi