alexametrics
Sidang Perdana Dua Mucikari Prostitusi Online

Rian Subroto Disebut dalam Dakwaan Sebagai User Vanessa dan Avriellya

25 Maret 2019, 17:04:04 WIB

JawaPos.com – Sidang perdana prostitusi online yang melibatkan artis Vanessa Angel dan Avriellya Shaqilla digelar di PN Surabaya, Senin (25/3). Terdakwanya adalah dua mucikari, Endang Suhartini dan Tantri Novanta.

Tidak ada pengawalan khusus terhadap Endang dan Tantri. Polisi dan JPU mengantar Endang dan Tantri masuk ke ruang tahanan bersama terdakwa lain.

Sidang kemudian dibuka oleh Ketua Majelis Hakim Anne Rusiana. Anne lantas meminta Jaksa Sri Rahayu untuk membacakan dakwaan Endang dan Tantri secara bergantian. Keduanya didakwa melanggar pasal 27 ayat 1 juncto pasal 55 KUHP.

Rian Subroto Disebut dalam Dakwaan Sebagai User Vanessa dan Avriellya
Tanti Novanta (kiri) dan Endang Suhartini (dua dari kanan) saat menunggu giliran sidang di PN Surabaya, Senin (25/3). (Aryo Mahendro/ JawaPos.com)

Dalam dakwaan tersebut, Tantri dan Endang dianggap bersalah karena meneruskan tawaran seseorang bernama Dhani. Dhani sendiri hingga  kini masih buron. Kedua mucikari itu menerima tawaran Dhani untuk mendatangkan Vanessa dan Avriellya.

Selanjutnya, JPU menyebutkan nama penyewa Vanessa. Yakni seorang lelaki bernama Rian Subroto. Vanessa dan Avriellya diminta untuk melayani hubungan badan dengan Rian. Endang dan Tantri menerima fee sebesar Rp 15 juta.

“Endang dan Tantri menyepakati tawaran dari saksi Dhani. Pembayaran dilakukan setelah Vanessa dan Avriellya melakukan pekerjaan yang dimaksud,” terang Sri Rahayu.

Setelah mendengar dakwaan Jaksa, dua germo itu tampak berkonsultasi dengan tim kuasa hukumnya. Keduanya lalu menyatakan tidak akan mengajukan eksepsi alias menerima isi dakwaan yang dibacakan JPU.

“Saya menerima dakwaannya,” kata Tantri singkat sambil mengangguk di hadapan hakim.

Kendati menyatakan tidak keberatan dengan isi dakwaan, Franky Dwsima Waruwu selaku pengacara dua mucikari mengaku bahwa dakwaan JPU terkesan menghakimi kliennya sebelum ada keterangan dari sejumlah saksi. Oleh sebab itu, dia akan meminta majelis hakim menghadirkan saksi Rian Subroto yang menyewa Vanessa dan Avriellya.

“Secara tidak langsung, kami menganalisis bahwa seakan-akan JPU telah memvonis para terdakwa,” kata Franky usai persidangan.

“Wajib kami minta majelis hakim memerintahkan JPU untuk menghadirkan user (Rian, Red) itu,” lanjutnya.

Editor : Dida Tenola

Reporter : Aryo Mahendro

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Rian Subroto Disebut dalam Dakwaan Sebagai User Vanessa dan Avriellya