alexametrics

Pemkot Batam Percepat Penerbitan KIA di 2019

25 Maret 2019, 18:20:58 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Batam akan mempercepat penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) pada tahun 2019 ini. Melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, anak-anak di Batam diharapkan sudah bisa memperoleh KIA yang nantinya akan menggantikan fungsi dari akte kelahiran.

Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidhar menjelaskan, permintaan perekaman e-KTP yang terus meningkat, memaksa Disdukcapil untuk menahan rencana pembuatan KIA ini. Apalagi pada 2019 ini merupakan tahun politik yang mengharuskan mereka mengoptimalkan perekaman dan pencetakan e-KTP yang menjadi syarat untuk terlibat dalam pemilihan di Pemilu 2019 ini.

“Permintaan pembuatan e-KTP sendiri terus bertambah setiap harinya, jadi kita penuhi itu dulu,” kata Khaidhar ketika dihubungi, Senin (25/3).

Selain itu, Khaidhar menjelaskan, rencana penerbitan KIA ini juga masih menemui beberapa tantangan. Seperti keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan alat. Sehingga memang masih butuh waktu untuk memproses pembuatan KIA ini. Karena itu, Khaidar menjelaskan tidak bisa langsung menerbitkannya.

“Karena keterbatasan SDM dan alat, hal itu (KIA) masih belum bisa diwujudkan dalam waktu dekat,” kata Khaidar lagi.

Lebih jauh, Khaidar mengharapkan masyarakat Batam untuk bisa bersabar. Selain akan segera mengupayakan hadirnya KIA untuk anak-anak Batam, Disdukcapil juga tengah bertransformasi menghadirkan pelayanan prima untuk masyarakat.

Dimana nantinya masyarakat akan mendapat layanan yang lebih cepat dan efisien, selain tentunya layanan yang diberikan tidak dikenai biaya atau gratis.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Bobi Bani

Copy Editor :

Pemkot Batam Percepat Penerbitan KIA di 2019