alexametrics

Kasus TB di Kota Padang Cukup Memprihatinkan

25 Maret 2019, 00:50:26 WIB

JawaPos.com – Jumlah penderita Tubercolosis atau TB di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), cukup memprihatinkan. Sedikitnya, hingga Maret 2019, tercatat 476 warga Padang positif terjangkit TB dari 4.442 orang sampel yang diperiksa Dinas Kesehatan.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, pada 2018 lalu, jumlah warga terjangkit TB berjumlah 2.358 kasus. Estimasinya, 78 persen dari kasus itu ditemukan dari pusat pelayanan kesehatan. Sedangkan 22 persen lainnya adalah penderita TB yang belum mengakses layanan kesehatan.

“Penyakit TB termasuk salah satu dari 10 penyakit penyebab kematian di dunia,” kata Mahyeldi saat memperingati Hari TB sedunia tingkat Kota Padang di lapangan PJKA Simpang Haru, Minggu (24/03).

Atas kondisi itu, Mahyeldi mengimbau agar seluruh lapisan masyarakat ikut berperan aktif dalam penjaringan kasus terduga TB hingga pencegahannya. “Jika ada warga yang batuk berdahak selama dua pekan, mari ajak untuk diperiksa layanan kesehatan,” katanya.

Wali kota menegaskan, penderita TB perlu segera ditangani secara medis. Sebab, penularan TB melalui udara. Satu penderita TBC dapat menularkan penyakitnya pada sepuluh orang. Terutama yang memiliki kontak erat dengan penderita TB. 

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : Riki Chandra

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Kasus TB di Kota Padang Cukup Memprihatinkan