alexametrics

221 Aliran Sungai di Palembang Hilang, Banjir Tak Mampu Dihindari

25 Maret 2019, 20:05:47 WIB

JawaPos.com – Banjir kerap terjadi di Kota Palembang. Setiap hujan mengguyur, selalu saja terjadi banjir di sejumlah tempat di Kota Palembang.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan semula Kota Palembang ini memiliki 316 aliran sungai di zaman kolonial. Namun, akibat ulah manusia yang melakukan penimbunan, banyak aliran sungai yang hilang.

“Ada dua ratus dua puluh satu aliran sungai yang hilang dan menyisakan sembilan puluh lima aliran sungai lagi saat ini,” kata Harnojoyo saat ditemui, Senin (25/3).

Ia mengaku, akibatnya dari itu banjir pun tidak dapat dihindari. Karena itu, untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya akan melakukan normalisasi sungai, dan beberapa upaya lainnya. Meskipun begitu, upaya ini juga harus didukung oleh seluruh pihak termasuk masyarakat.

“Saat ini, aliran sungai yang ada di Palembang diantaranya Sungai Sekanak dan Sungai Lambidaro,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan membuat ilustrasi kedua sungai ini agar kedepan masyarakat bisa menjaganya. Selain itu, jika kedepan sungai ini dijaga, maka pihaknya juga akan mengembalikan sarana transportasi seperti semula.

“Kedepan, diharapkan nantinya sungai di Palembang bisa jadi tempat bermain dan berenang bagi anak-anak di Palembang,” tutupnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Alwi Alim



Close Ads
221 Aliran Sungai di Palembang Hilang, Banjir Tak Mampu Dihindari