alexametrics

Polda Sumsel Umumkan 22 Polsek Tak Lakukan Penyidikan Kasus

25 Februari 2022, 11:19:01 WIB

JawaPos.com–Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) mengumumkan sebanyak 22 polsek di daerah itu tidak lagi melakukan penyidikan kasus.

Kepala Bidang Humas Polda Sumsel Kombespol Supriadi mengatakan, sebanyak 22 Polsek tersebut hanya menjalankan fungsi dalam hal preemtif dan preventif. Seperti dalam hal pemeliharaan keamanan dan ketertiban wilayah.

Menurut dia, keputusan itu berlaku secara nasional untuk sebanyak 1.062 polsek ​​​​berdasar kebijakan dari Kapolri yang termaktub dalam SK Nomor Kep/613/III/2021. ​​​​​

”Jadi dengan begitu penyidikan sebuah kasus sudah akan langsung ditangani polres setempat,” kata Supriadi seperti dilansir dari Antara di Palembang, Jumat (25/2).

Sebab, menurut dia, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan kepolisian. Di antaranya jarak antara polsek ke polres yang terbilang masih dekat dan untuk efisiensi penanganan kasus. Jumlah laporan kepolisian (LP) di polsek rata-rata hanya di bawah 10.

Misal seperti Polsek Buai Runjung di wilayah Polres OKU Selatan, LP yang masuk 2022 tidak lebih dari 10 kasus. Atau di Banyuasin, jarak Polsek Betung ke polres 7,2 kilometer ditempuh sekitar tujuh menit.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads