alexametrics

Tenggat Waktu Penyidikan Habis, Kasus Ketum PA 212 Jalan Terus

25 Februari 2019, 19:23:16 WIB

JawaPos.com – Pihak kepolisian menyatakan bakal tetap memproses penanganan kasus pidana pemilu Ketua Umum PA 212, Slamet Ma’arif. Meski waktu penyidikan sudah lewat batas dan yang bersangkutan belum memenuhi panggilan pemeriksaan sekalipun.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Agus Triatmaja mengatakan, sedianya para penyidik, dalam hal ini jajaran dari Polresta Solo diberi waktu selama 14 hari untuk durasi penyidikan. “Dan sudah habis masanya tanggal 21 kemarin,” katanya, Senin (25/2).

Sebagaimana diketahui, panggilan terakhir terhadap Slamet Ma’arif untuk agenda pemeriksaan di Mapolda Jateng tertanggal 18 Februari silam. Akan tetapi, yang bersangkutan waktu itu malah absen karena sedang sakit, seperti yang dijelaskan Kuasa Hukumnya.

Absennya Slamet Ma’arif bukan kali pertama. Pada 13 Februari 2019 kemarin, Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandiaga tersebut juga tak memenuhi panggilan pemeriksaan. Dengan alasan berhalangan karena harus menghadiri suatu acara ceramah.

Kendati demikian, Agus berujar, bahwa proses penanganan kasus ini akan tetap jalan. “Tanpa pemeriksaan tersangka dalam Undang-undang Pemilu sudah bisa dilimpahkan ke kejaksaan. Saat ini masih dalam pembahasan Gakumdu Surakarta (Solo) untuk langkah selanjutnya,” tandasnya.

Penetapan tersangka terhadap Slamet Ma’arif sendiri adalah berdasarkan hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan penyidik Polresta Solo, Kamis (7/2). Penyidik kemudian melakukan gelar perkara untuk memutuskan status Ketua Umum PA 212 tersebut.

Slamet Ma’arif dijerat dengan pasal 492 dan 521 Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Sebelumnya, Slamet dilaporkan Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Amin ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solo. Setelah dilakukan pemeriksaan, Bawaslu menemukan adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Slamet saat menghadiri Tablig Akbar PA 212 di Solo, Minggu (13/1).

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Tunggul Kumoro

Tenggat Waktu Penyidikan Habis, Kasus Ketum PA 212 Jalan Terus