alexametrics

Soal Ganjar, Akademisi: Bawaslu Harus Profesional

25 Februari 2019, 21:10:48 WIB

JawaPos.com – Wakil Dekan dan Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) UGM Yogyakarta, Wawan Mas’udi meminta kepada publik agar menghargai kinerja Bawaslu. Terkait kasus deklarasi kepala daerah yang mendukung paslon 01.

“Jelas kita harus menghargai otoritas Bawaslu yang merespons semua laporan. Kalau ingin penyelenggara pemilu disebut netral dan profesional, semua bentuk yang berhubungan dengan komplain masyarakat harus ditanggapi,” ujarnya, Senin (25/2).

Bawaslu, menurutnya dalam hal ini juga harus tetap proporsional. Sesuai dengan standar norma dan aturan Pemilu. “Intinya profesionalitas sesuai dengan standar norma dan aturan dengan aturan pemilu,” katanya.

Sebelumnya, putusan Bawaslu itu diambil usai dilakukan pemeriksaan terhadap 34 bupati/wali kota terkait deklarasi dukungan pada Capres nomor 01 di Hotel Alila, Solo, Sabtu (26/1) lalu. Bawaslu memang tidak mendapati pelanggaran pemilu pada kegiatan itu. Namun kemudian Bawaslu menengok UU Pemda dan menilai para kepala daerah telah melangkahi Undang-Undang nomor 32 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Yang menjadi acuan Bawaslu menentukan melanggar tidaknya para kepala daerah adalah konten vlog pribadi Ganjar, berisikan rekaman video kegiatan acara di Solo itu. Yakni, ucapan Ganjar yang berbunyi ‘Saya dengan kepala daerah bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota se-Jawa Tengah‘.

Ganjar pun sempat bereaksi setelah dinyatakan bersalah. Ia mengatakan Bawaslu telah offside karena bertindak di luar kapasitasnya.”Saya kira itu ekspresi Pak Ganjar. Beliau terlalu blak-blakan. Kita tunggu alasan Pak Ganjar menyampaikan pendapatnya seperti apa,” pungkas Wawan.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : Ridho Hidayat

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Soal Ganjar, Akademisi: Bawaslu Harus Profesional