alexametrics

Sempat Galau Saat Mau Masuk Kuliah, Begini Pesan Ridwan Kamil

25 Januari 2019, 01:15:22 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan pentingnya informasi mengenai jurusan di Perguruan Tinggi kepada para siswa SMU dan SMK di Jawa Barat. Pasalnya hal itu akan memberikan sebuah gambaran kepada siswa agar tidak salah ambil keputusan dalam menentukan jurusan.

Sehingga para siswa bisa memilih sesuai minat dan bakatnya. Maka dari itu Kang Emil sapaannya menginstruksikan kepada Kepala Dinas Pendidikan Jabar agar semua sekolah di Jabar setiap tahunnya menggelar informasi penjurusan yang diikuti oleh PTN, PTS.

Kang Emil menjelaskan acara Edu Passion yang digelar SMUN 3 Kota Bandung merupakan salah satu yang akan menjadi percontohan bagi semua SMU SMK di Jabar. Bahkan Kang Emil tidak mau, para siswa seperti dirinya, karena dulu dirinya mengaku memilih jurusan tanpa ada panduan, kemudinan bingung lalu bertanya kepada pihak yang sebenarnya referensinya kurang kredibel.

“Jangan sampai peristiwa itu terjadi di sekarang. Sehingga anak-anak memilih condong ke otak kiri atau kanan, cenderung secara psikologis ingin apa sehingga nanti dia bisa memilih melanjutkan pendidikan sesuai minatnya,” kata Kang Emil di Bandung, Kamis (24/1).

Kang Emil berharap bahwa informasi penjurusan ini dapat mendongkrak Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi di Jabar yang kini masih di angka 20 persen.

“Artinya indeks sarjana kita masih rendah maka harus kita tingkatkan,” pungkasnya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Siti Fatonah

Sempat Galau Saat Mau Masuk Kuliah, Begini Pesan Ridwan Kamil