alexametrics

Harga Bahan Pokok Naik Jelang Nataru, Pemprov Jatim Pastikan Stok Aman

24 Desember 2021, 14:40:14 WIB

JawaPos.com–Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan inspeksi mendadak atau sidak ke Pasar Tambakrejo, Surabaya, Jumat (24/12). Sidak itu dilakukan guna memastikan stok bahan pangan jelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

Gubernur Khofifah langsung menjumpai dan menyapa beberapa pedagang. Mulai penjual sembako, daging, daging ayam, bawang merah dan bawang putih, cabai, serta telor. Di pasar tersebut gubernur menanyakan harga-harga bahan pokok.

Los pertama yang dikunjungi yaitu Toko Warinten yang menjual berbagai kebutuhan seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, kentang, wortel, dan sebagainya. Selanjutnya, Khofifah mengunjungi los buah milik Ucok.

Menurut keterangan penjual beberapa buah mengalami kenaikan harga, ada pula yang stabil tidak naik. Adapun buah yang naik harganya seperti semangka dari Rp 8.000 menjadi Rp 11.000 per kg. Untuk buah apel fuji Rp 35.000 per kg.

Ucok menjelaskan, kenaikan harga disebabkan hujan yang turun beberapa waktu terakhir. ”Buah semangka ini biasanya Rp 8.000 per kg sekarang Rp 11.000. Melon sekarang tidak ada stok sama sekali,” jelas Ucok.

Selanjutnya, Khofifah meninjau los penjual daging ayam dan daging sapi. Harga daging ayam dan daging sapi relatif tidak ada kenaikan. Namun untuk daging sapi kualitas premium mengalami kenaikan harga sekitar Rp 2.000 per kg.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : rafika

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads