alexametrics

Pantau Sejumlah Gereja, Ridwan Kamil Pastikan Pelaksanaan Natal Aman

24 Desember 2018, 20:59:42 WIB

JawaPos.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan monitoring atau meninjau secara langsung Misa Natal di beberapa Gereja di Bandung. Didampingi Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Budi Maryoto bersama TNI dan jajaran Pemkot Bandung.

Kang Emil sapaan Ridwan Kamil memakai pakaian setelan serba hitam dan berpeci. Kang Emil lebih dulu mendatangi umat kristiani yang sedang beribadah atau misa di Gereja Katedral Santo Petrus, Bandung.

“Saya dengan Forkominda, Kapolda dan Kasdam mewakili Pangdam Siliwangi, pemkot berkeliling untuk memastikan, pengkondisisan hal yang sudah dilakukan aparat,” kata Kang Emil di Gereja Katedral Santo Petrus Bandung, Senin (24/12).

Menurut mantan Wali Kota Bandung itu, sejauh ini tidak ada dinamika yang tidak dikehendaki. Sehingga jamaah bisa beribadah dengan aman dan nyaman.

“Kami memberi pesan kepada umat kristiani untuk beribadah seluas-luasnya dan senyaman-nyamannya. Insya Allah dari pemprov akan menjamin urusan keamanan dan kenayaman. Silakan laporkan jika tidak ada kenyaman,” ujarnya.

Uskup Keuskupan Bandung, Antonius Sugianto Bunjamin mengatakan secara khusus selaku umat Katolik mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan aparat yang telah memberikan pengamanan. Terkhusus kepada Kang Emil selaku Gubernur Jawa Barat.

“Terima kasih untuk pertama kalinya Pak Ridwan Kamil sebagai gubernur Jabar hadir di sini karena biasanya sebagai wali kota Bandung,” tuturnya.

Sebab, lanjutnya saat menjadi wali kota Bandung yang telah mencanangkan Bandung sebagai kota hak asasi manusia. Harapannya juga untuk provinsi yang mengutamakan Hak Asasi Manusia.

“Kita beribadah begitu damai, aman, tentram. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Kapolda dan TNI yang setiap tahun hadir mengawal perayaan natal,” ucapnya.

Untuk diketahui, umat kristiani melakukan misa begitu damai. Saat Kang Emil tiba, jemaah telah memaksakan ibadah misa gelombang dua. Dalam satu hari ini pihaknya membuka empat gelombang yakni pukul 15.00 WIB, 18.00 WIB, 21.00 WIB, dan 24.00 WIB.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ona/JPC)



Close Ads
Pantau Sejumlah Gereja, Ridwan Kamil Pastikan Pelaksanaan Natal Aman