alexametrics

Mulianya Tujuan Perempuan Ini ketika Ikut Amankan Malam Misa Natal

Fajri Terlahir dari Keluarga NU
24 Desember 2018, 19:29:20 WIB

JawaPos.com – Beragamnya penduduk ibu kota Jakarta membuat masyarakatnya sudah biasa hidup berdampingan. Meski berbeda keyakinan, namun untuk urusan dunia mereka saling menjaga kedamaian dan kebinekaan.

Pada malam Natal, Senin (24/12), di kawasan Gereja Katedral Jakarta terlihat pemandangan menarik. Seorang perempuan berseragam salah satu ormas terlibat dalam tim relawan pada malam natal. Perempuan itu bernama Fajri Andriyani, anggota Detasemen Wanita Banser.

Kepada wartawan, perempuan berkaca mata itu mengaku sudah kali kedua berpartisipasi membantu pihak kepolisian dan TNI dalam mengamankan Misa Natal di Gereja Katedral. “Kami mengamankan setiap pintu dan menyeberangkan jemaat dan membantu lalu lintas. Saya sudah dua kali jaga di Gereja Katedral,” ujar Fajri di lokasi, Senin (24/12).

‎Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengaku, tujuannya ikut menjadi anggota keamanan Gereja Katedral untuk menjaga Bhineka Tunggal Ika. Menjaga toleransi antarumat beragama.

“Harapan saya kita saling toleransi saja dan menjaga kebhinekaan. Perbedaan itu sebenarnya adalah sebuah persatuan.‎ Kami diajarkan bagaimana kami bertoleransi, bagaimana kita memanusiakan manusia itu sendiri,” kata mahasiswi semester lima pada jurusan jurusan psikologi itu.

Alasan lainnya, kata Fajri, menjadi bagian pengamanan di Katedral juga karena dorongan nurani. Apalagi dia terlahir dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU). Di tengah NU itu dia diajarkan untuk menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama.

“Saya terlahir dari keluarga NU. Saya ingat kata-kata KH Hasyim Asy’ari yang bilang, ‘siapa yang mengurus NU dia adalah santriku. Siapa yang jadi santriku saya doakan meninggalmya husnul khotimah,” ungkapnya.

Di sisi lain, kendati pekerjaannya merupakan tugas kaum adam, Fajri tidak memedulikan itu. Baginya di tengah perayaan natal ini bagaimana bisa menjaga keutuhan NKRI. Karena menjaga agama juga perlu menjaga bangsa ini. “Karena saya enggak hanya mau menjaga agama saja, tapi juga NKRI,” tuturnya.

Setelah misa Natal malam ini, rencananya perempuan 21 tahun itu akan ikut dalam rombongan relawan di Banten besok, Selasa (25/12). Fajri bakal membantu korban yang terdampak tsunami di Selat Sunda. “Habis ini saya ke Banten besok, mau membantu korban tsunami,” pungkasnya.

Pantauan JawaPos.com, Fajri tampak sedang membantu aparat kepolisian dalam mengatur lalu lintas di depan Gereja Katerdral. Kegiatan itu dilakukan penuh senyuman. Beberapa jemaat perempuan yang hendak masuk gereja ikut dituntutnya menyeberang.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : (gwn/JPC)



Close Ads
Mulianya Tujuan Perempuan Ini ketika Ikut Amankan Malam Misa Natal