alexametrics

Jalan Malioboro Ditutup Saat Malam Tahun Baru

24 Desember 2018, 10:18:31 WIB

JawaPos.com – Jalan Malioboro, Kota Jogjakarta, diperkirakan menjadi titik terpadat kendaraan saat puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019. Rekayasa lalu lintas telah disiapkan untuk mengurai kemacetan lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Sigit Sapto Raharjo menjelaskan, jalan menuju Malioboro akan dibuka-tutup dari Stadion Kridosono. Terutama saat kendaraan sudah terlalu padat 31 Desember mendatang.

Kemudian menjelang malam pergantian tahun akan dilakukan penutupan arus kendaraan masuk. “Nanti Malioboro akan ditutup saat malam tahun baru,” kata Sigit, Senin (24/12).

Ia mengimbau masyarakat untuk mewaspadai titik-titik yang biasa mengalami kepadatan kendaraan saat masa Nataru. Kepadatan kendaraan diperkirakan terjari hampir di semua jalan masuk dari perbatasan menuju Kota Jogjakarta. “Kalau untuk luar Kota Jogja, ada di Jalan Solo, Jalan menuju Prambanan. Kemudian Jalan Wonosari di daerah (Kecamatan) Patuk itu,” terang Sigit.

Terpisah, Dirlantas Polda DIJ Kombes Pol Tri Julianto Djati Utomo mengatakan, pihaknya fokus di tempat-tempat wisata saat pengamanan libur Nataru. Tim pengurai telah disiagakan untuk mengatasi kepadatan kendaraan.

“Kami ingin memperlancar lalu lintas bila sudah terjadi penumpukan kendaraan. Tim pengurai dari jajaran polda dan polres, sesuai kebutuhan di lapangan,” imbuh Tri Julianto.

Pos pelayanan dan pos pantau telah didirikan. Di antaranya di Prambanan, Kaliurang, Cinomati, Mangunan. Kemudian di kawasan pantai selatan, Kalibiru dan jalur utama lainnya yang menuju ke tempat wisata.

Untuk jalur alternatif juga telah disiapkan dengan memaksimalkan rambu-rambu petunjuk jalan. “Kami sudah koordinasikan dengan instansi terkait untuk pemasangannya,” ucap tri Julianto.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (dho/JPC)


Close Ads
Jalan Malioboro Ditutup Saat Malam Tahun Baru