alexametrics

Basarnas Makassar Tingkatkan Pengawasan Laut

24 Desember 2018, 11:25:14 WIB

JawaPos.com – Basarnas Makassar menyiagakan tim rescuer untuk pengamanan selama momen Natal dan Tahun Baru 2019. Tim dikerahkan untuk mengantisipasi kondisi-kondisi tak terduga. Mengingat perayaan Natal dan Tahun Baru bertepatan dengan puncak cuaca ekstrem di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Petugas Basarnas yang disiagakan telah dilengkapi dengan peralatan SAR yang memadai. Selain di daratan, tim juga difokuskan di sejumlah titik-titik rawan kawasan laut. Terutama di pelabuhan-pelabuhan yang menjadi salah satu pusat konsentrasi masyarakat.

“Selain alat yang dikerahkan untuk di darat, KN Antasena 234 dan Rescue Boat 303 siap standby di Pelabuhan Paotere Makassar. Begitu juga dengan Rescue Boat 302 yang standby di Pelabuhan Bajoe akan memperkuat pergerakan saat terjadi kecelakaan di laut,” kata Kepala Kantor Basarnas Makassar Mustari dalam keterangan resminya, Senin (24/12).

Seluruh rescuer yang bertugas di lapangan sudah diarahkan untuk dapat memberikan pertolongan pertama saat terjadinya kecelakaan. “Kami mengerahkan 55 orang personel rescuer untuk terlibat dalam siaga ini,” terang Mustari.

Petugas Basarnas sekaligus dilibatkan dalam Operasi Lilin 2018. Bersama Kodam XIV Hasanuddin, Polda Sulsel hingga instansi pemerintahan lainnya, Basarnas ditugaskan khusus untuk bersiaga di posko-posko gabungan baik di darat dan laut.

Sesuai dengan hasil kesepakatan dalam Operasi Lilin 2018, petugas gabungan akan bertugas hingga 2 Januari 2019. Petugas Basarnas tidak hanya bersiaga di Makassar. Namun juga di beberapa daerah lain. Seperti Kabupaten Bone, Bantaeng, Kepulauan Selayar, Mamuju hingga Kota Palopo.

Para petugas rescuer sudah bergerak sejak Minggu (23/12). “Khususnya di beberapa titik lokasi tempat keberangkatan dan kedatangan pemudik yang diperkirakan mulai meningkat,” tambahnya.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)



Close Ads
Basarnas Makassar Tingkatkan Pengawasan Laut