JawaPos Radar

Libur Akhir Tahun, Sleman Targetkan 300 Ribu Wisatawan

24/12/2017, 21:14 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Tebing Breksi
Suasana liburan di Tebing Breksi Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman pada Minggu (24/12) (Ridho Hidayat/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mematok target 300 ribu kunjungan selama libur panjang akhir tahun ini. Berbagai hiburan pun disiapkan di beberapa titik objek wisata yang terpusat di Kecamatan Pakem, Cangkringan, dan Prambanan.

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Sudarningsih mengatakan, hiburan digelar di kawasan Tlogo Putri, Lapangan Panti Asih, Hargobinangun Kecamatan Pakem, dan Balai Desa Kepuharjo, di Cangkringan.

Sementara untuk Prambanan ada kesenian tradisional di Tebing Breksi. "Target jumlah itu hanya untuk kunjungan akhir tahun ini saja," katanya Minggu (24/12).

Selain kesenian tradisional, juga ada pentas musik di Kepuharjo. Di kawasan Kaliurang, Kecamatan Pakem, ada sajian Festival Lampion dan Penjor diikuti 22 pedukuhan di Desa Hargobinangun bertema flora dan fauna lereng Merapi, di sepanjang jalan setelah masuk pintu gerbang retribusi Kaliurang. "Pada malam pergantian tahun, ada pesta kembang api juga," tuturnya.

Ketua Desa Wisata Sambirejo, Prambanan, Kholiq Widiyanto menambahkan, untuk di kawasan Tebing Breksi pihak pengelola sudah menyediakan tempat parkir di bawah perbukitan. Ini menindaklanjuti surat edaran dari bupati agar bisa menekan kepadatan lalu lintas dan demi keselamatan wisatawan, dengan kebijakan bus besar sementara tak boleh naik ke atas.

Dibukanya lahan parkir ini sejak 24 Desember hingga 5 Januari 2018 mendatang. Nantinya pihak pengelola juga telah menyediakan shuttle bus yang akan mengantar ke Tebing Breksi dengan biaya sebesar Rp 15 ribu. "Kalau untuk target kunjungan, kami tidak mematoknya," ucapnya.

(dho/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up