Jabar dan Jatim Berebut Juara Umum Porwanas 2022 di Malang Raya

24 November 2022, 20:16:22 WIB

JawaPos.com- Perebutan medali pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIIl di Malang Raya yang berlangsung sejak 21 November, berjalan seru dan mendebarkan. Dari sepuluh cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan, kontingen Jabar dan Jatim bersaing ketat dalam pencapaian medali.

Hingga Kamis (24/11) siang, tim Jabar dan Jatim sama-sama mengoleksi tiga medali emas. Namun, Jabar mengoleksi tiga perak dan Jatim dua perak. Karena itu, klasemen sementara, Jabar berada di puncak dan Jatim runner-up. Di bawah Jabar dan Jatim, Bali dan Kalteng sama-sama mendapat satu emas.

Dari sepuluh cabor salah satu yang dilombakan adalah atletik. Cabor ini mempertandingkan dua nomor. Yakni, lari jarak 3.000 meter (usia 40 ke atas) dan 5.000 meter (usia 27- 39). ‘’Kami ditarget dapat mendulang dua medali emas dari dua nomor tersebut. Menjadi tantangan bagi kani untuk meraih prestasi tertinggi cabang atletik di Porwanas ini,” ujar Wisnu Wardhana, koordinator cabor atletik kontingen Jatim.

Dia mengungkapkan, atlet Jatim yang turun di cabor atletik adalah Sumarsono dan Surya Eko. ‘’Alhamdulillah, atlet dalam kondisi fit dan sudah mencoba lintasan di bawah arahan coach Rusli. Mohon doanya semoga bisa meraih medali emas. Namun, yang terpenting, kita bisa menjalin silahturahmi dengan rekan-rekan wartawan se Indonesia yang tergabung dalam PWI,” pungkasnya.

Selain atletik, cabor lain yang dipertandingan di Porwanas XIII di Malang Raya tahun ini adalah biliar, bridge, bulu tangkis, catur, e-sport, futsal, sepak bola, tenis meja, dan tenis lapangan.

‘’Mohon doa dan dukungannya warga Jatim agar kontingen Jatim meraih juara umum pada Porwanas 2022 ini sesuai harapan Bu Gubernur. Untuk closing ceremony digelar besok malam (Jumat, 25/11) pukul 19.00 WIB. Bisa disaksikan langsungdi JTV,’’ kata Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim.

 Jalin Kerja Sama dengan Kemenpora Sosialisasikan DBON

Sebelumnya, pembukaan Porwanas XIII di Graha Cakrawal Universitas Negeri Malang pada Senin (21/11) malam berlangsung spektakuler. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zaenuddin Amali mewakili Presiden RI Joko Widodo membuka gelaran dua tahunan tersebut.

Dalam kesempatan itu. Menpora memberikan apresiasi kepada seluruh insan wartawan atas kerjasamanya selama ini dengan pemerintah. Dia merasa bangga bisa bersinergi dengan PWI melalui seksi wartawan olahraga (Siwo). Sebab, pihaknya telah menandatangani kerjasama (MoU) dengan Kemenpora untuk turut menyosialisasikan tentang desain besar olahraga nasional (DBON) sesuai Perpres Nomor 86 Tahun 2021

Menpora berharap sosialisasi DBON itu bisa berlangsung secara masif. Baik dari tingkat pusat sampai daerah di seluruh Indonesia. ’’Mudah-mudahan kerjasama antara Kemenpora dan PWI, baik tingkat pusat sampai ke tingkat daerah, ini bisa berlangsung dengan baik,” kata menteri dari Partai Golkar tersebut.

Zainuddin menyebut, para jurnalis yang tergabung dalam PWI maupun SIWO PWI adalah bagian yang penting untuk ikut meningkatkan prestasi olahraga Indonesia. Tanpa keikutsertaan para jurnalis, lanjut dia, tidak mungkin DBON akan tersosialisasi ke seluruh pelosok Tanah Air.

Dikatakan, Provinsi Jawa Timur menjadi salah satu sentra pembinaan atlet-atlet bertalenta. Saat ini, mereka sedang ditempatkan di Unesa Surabaya. Kini, pemerintah sedang melaksanakan implementasi dari DBON untuk membina atlet-atlet bertalenta dari usia 12 tahun. Mereka diproyeksikan 10 tahun ke depan akan menjadi atlet-atlet andalan nasional.

’’Kalau ini bisa kita jalankan sebaik-baiknya desain besar olahraga nasional, maka bukanlah mimpi kosong kalau 100 tahun sejak Indonesia merdeka pada tahun 2045 nanti atau tepatnya pada Olimpiade 2044 akan datang, Indonesia minimal berada di peringkat 10 besar dunia,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan virtualnya, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menyampaikan selamat datang para kontingen Porwanas XIII di Jatim. Dia berharap pelaksanaan berjalan lancar dan sukses serta senantiasa menjaga sportivitas.

“Saya mengajak warga Jawa Timur menjadi tuan rumah yang terbaik. Saya mohon dukungan kepada seluruh masyarakat Jawa Timur mudah-mudahan kontingen Jawa Timur juara umum,” harapnya.

Editor : M. Sholahuddin

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads