alexametrics

Auman Harimau Resahkan Warga Jatiyoso

24 November 2018, 17:33:44 WIB

JawaPos.com – Antisipasi harimau turu ke permukiman terus dilakukan warga Dusun Gondang Ketel, Jatiyoso, Karanganyar, Jawa Tengah (Jateng). Tiba-tiba terdengar auman harimau. Suara tersebut terdengar cukup jelas hingga berkali-kali di balik ujung bukit di Dusun Gondang Ketel.

“Harimaunya sudah tidak turun ke permukiman warga. Tetapi warga mendengar suara auman harimau dewasa di balik tebing ujung perkampungan,” terang Kapolsek Jatiyoso Iptu Subarkah kepada JawaPos.com, Sabtu (24/11).

Diduga, sang harimau ketakutan setelah mendengar suara meriam tradisional atau long bumbung yang terus dibunyikan warga. Di balik bukit tersebut diperkirakan masih ada sarangnya. Namun wujud harimau sendiri tidak terlihat dan hanya suaranya saja.

Meski begitu, warga sempat khawatir jika hewan buas itu akan kembali turun ke pemukiman warga dan kembali memangsa hewan ternak. “Auman harimau terdengar dini hari. Kalau untuk harimaunya memang sudah tidak turun,” imbuhnya.

Sampai hari keempat, warga bersama relawan, anggota Polri dan TNI terus berjaga di perkampungan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi kembalinya hewan buas turun dan memangsa kambing milik warga.

“Sampai saat ini sudah ada 24 kambing di Jatiyoso yang sudah dibunuh hewan buas yang diperkirakan harimau atau macan tutul,” pungkas Subarkah.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (apl/JPC)

Auman Harimau Resahkan Warga Jatiyoso