JawaPos Radar

DPD RI Bakal Bangun Kantor Perwakilan di Sumatera Barat

Pemprov Hibahkan tanah 2 ribu meter persegi

24/11/2017, 08:52 WIB | Editor: Soejatmiko
Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat
Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat (foto: dokumen Youtube)
Share this

Jawapos.com -- Rencana Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI) untuk memiliki kantor di Sumatera Barat sepertinya bakal segera terwujud. Sebab, Pemerintah Provinsi Sumbar telah menghibahkan tanah seluas 2.000 meter persegi senilai Rp2 miliar yang berada di kawasan jalan Raden Saleh nomor 4 Kota Padang.

Anggota DPD RI asal Sumbar Leonardy Harmainy mengatakan, selama ini Sekretariat DPD RI berada di jalan Musi nomor 33 Padang dengan status sewa. Sedangkan kontrak tersebut juga akan berakhir tahun 2019 mendatang.

"Gubernur sudah menghibahkan tanah di jalan Raden Saleh dengan surat keputusan no. 030-849-2017 tentang hibah barang milik pemerintah daerah Sumbar berupa tanah kepada DPD RI tertanggal 25 Oktober 2017. Dengan begitu, pembangunan akan segera dilakukan," kata mantan ketua DPD Partai Golkar Sumbar itu di Sekretariat DPD RI pada sejumlah wartawan sore hari Kamis (23/11).

Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy
Anggota DPD RI asal Sumbar Leonardy Harmainy saat menyampaikan soal tanah hibah dari Pemprov Sumbar untuk kantor perwakilan DPD RI Wilayah Sumbar (riki chandra/jawapos.com)

Menurut Leonardy, keberadaan kantor DPD RI di wilayah pemilihan memang sangat dibutuhkan. Hal ini merujuk UU Nomor 27 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (Uau MD3), pasal 227 ayat 4 disebutkan anggota DPD RI dalam menjalankan tugas berdomisili di daerah pemilihannya dan mempunyai kantor di ibukota provinsi daerah pemilihan tersebut.

Kemudian kata Leonardy, berdasarkan pasal 402 UU MD3 itu, penyediaan kantor DPD di setiap ibukota provinsi untuk memenuhi kebutuhan sebagaimana dimaksud dalam pasal 227 ayat 4 dilakukan secara bertahap oleh pemerintah paling lama dua tahun sejak UU diundangkan.

"Idealnya tahun 2011 sudah ada. Namun selama ini kita sebatas menyewa. Padahal sudah diamanatkan dalam undang-undang," tegasnya.

"Alhamdulillah, Oktober 2017 Gubernur mengeluarkan SK hibah dan saat ini sedang dibuat penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah. Naskah ini sudah ditandatangani oleh Sekda dan tinggal Sekjend DPD RI. Mudah-mudahan segera selesai," sambungnya lagi.

Menurut Leonardy, saat ini berarti sudah ada 12 tanah hibah untuk DPD RI di daerah. Sementara untuk gedung DPD RI sudah ada tiga yaitu, Sumatera Selatan, Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur. Sedangkan Sumbar tercatat sebagai daerah ke-12 yang menghibahkan tanahnya untuk DPD RI.

Pembangunan gedung DPD RI di daerah telah memiliki bentuk yang sudah baku. Diantaranya, berlantai tiga, ruangan rapat, aula, ruangan masing-masing anggota DPD RI. Kemudian untuk membedakan dengan daerah lain, cuma ciri khas saja yaitu di Sumbar memakai gonjong sebagai khas Minangkabau.

(rcc/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up