alexametrics

Polrestabes Makassar Periksa Istri Daeng Ampu

24 Oktober 2018, 14:00:58 WIB

JawaPos.com – Polrestabes Makassar melanjutnya penyelidikan atas tewasnya narapidana Lapas Kelas 1A Makassar. Korban atas nama Akbar Daeng Ampu. Dia merupakan otak pembakaran yang menewaskan satu keluarga di Jalan Tinumbu, Kota Makassar.

Kini, polisi telah memeriksa sejumlah orang sebagai saksi. Antara lain Tika, 32, yang merupakan istri Daeng Ampu. Kemudian memeriksa sipir lapas, rekanan, dan Irwan Lili yang merupakan tersangka lain kasus pembakaran di Jalan Tinumbu. Irwan sendiri berada dalam satu ruang isolasi bersama Daeng Ampu.

Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Wirdhanto Hadicaksono mengungkapkan, pemeriksaan dilakukan sebagai rangkaian penyelidikan dan pendalaman terkait kematian Daeng Ampu. “Jadi berdasarkan olah tempat kajadian perkara (TKP), kami langsung melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi. Didapatkan bahwa korban mengalami tekanan psikis,” kata Wirdhanto saat memberikan keterangan di Makassar, Rabu (24/10).

Tekanan psikis yang dialami Daeng Ampu tak lepas dari sejumlah kasus hukum yang menjeratnya. Daeng Ampu menjadi tersangka kasus pembakaran sekaligus terpidana dalam berbagai kasus kejahatan.

Pertama, Daeng Ampu terjerat kasus pencurian dengan vonis delapan bulan penjara. Kemudian kasus pencurian dengan kekerasan, divonis satu tahun empat bulan. Terkahir kasus pembunuhan dengan vonis sepuluh tahun penjara.

“Kami menyimpulkan tidak adanya tanda kekerasan ataupun perlawanan dan korban yang mengindikasikan adanya tindak pidana lain, dengan melilitkan rantai borgol di leher dan kemudian menekan dengan menggunakan kaki,” terang Wirdhanto.

Usai pemeriksaan seluruh saksi, polisi akan berkoordinasi dengan pihak Lapas Makassar untuk menentukan langkah selanjutnya. Khusus untuk tersangka Irwan Lili, saat ini sudah dikembalikan ke Lapas Makassar untuk menjalani masa hukuman.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rul/JPC)



Close Ads
Polrestabes Makassar Periksa Istri Daeng Ampu