alexametrics

Ide Skywalk Cicadas Dikritik, Ridwan Kamil: Saya Tunggu Apa Solusinya

24 Oktober 2018, 13:38:11 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kota Bandung rencana relokasi pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Cicadas Jalan Ahmad Yani, ke tempat yang tidak jauh dari pasar. Penataan ini berbeda dengan konsep kepemimpin terdahulu yakni Ridwan Kamil saat masih menjadi Wali Kota Bandung dengan menghadirkan skywalk seperti Cihampelas.

Menanggapi hal itu, Ridwan Kamil yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat mengatakan konsep atau ide menata para PKL Pasar Cicadas dengan skywalk merupakan solusi yang tepat. Hal itu terbukti dengan hadirnya skywalk atau teras Cihampelas yang berhasil ditata.

“Menurut saya sebuah solusi dan kalau dibilang bukan solusi, silakan berdebat. Kalau dinyatakan tidak solutif, ya apa dong solusinya versi yang mengatakan tidak solutif karena seorang Ridwan Kamil menyatakan itu adalah solusi, buktinya Cihampelas beres,” tegas Ridwan Kamil di Gedung Sate Bandung, Rabu (24/10).

Perihal kesulitan dalam menata PKL Cicadas, kata Kang Emil sapaanya, karena sebagai pemimpin tidak bisa sertamerta mengusir atau menggusur. Sebelumnya juga ada pilihan atau solusi dengan merelokasi ke sebuah mall di sekitar. Namun hal itu bermasalah pada aspek hukum.

“Maka bercermin dari Cihampelas, dibangun lah usulan seperti yang di sana. Kalau itu dianggap tidak (solutif) oleh rezim baru sekarang, silakan saya tunggu solusinya seperti apa,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, skywalk bukan solusi yang tepat. Maka pada Pemerintahan baru mencarikan solusi lain dalam menata Kota yang lebih indah dan bersih.

“Saya sih berpendapat itu (skywalk) bukan solusi ya. Skywalk itu kan jalan di atas jalan bukan untuk PKL. Jadi fungsinya pedestrian bukan fungsi perdagangan,” kata Yana Mulyana di Pasar Cicadas Bandung, Selasa (23/10).

Sehingga ke depannya, Pasar Cicadas membawa konsep semangat menata dengan merelokasi. Hal itu pun sudah dibicarakan dengan Wali Kota Bandung Oded M Danial. “Kalau kami konsepnya, kami relokasi,” ucapnya saat meninjau Pasar Cicadas.

Untuk diketahui, Pasar Cicadas Bandung berdiri di atas trotoar Jalan Ahmad Yani. Sekitar 600 PKL bermata pencaharian di sana dengan membuat lapak memakai tenda dan ditutup terpal biru secara seragam dan dikenal kumuh.

Editor : Erna Martiyanti

Reporter : (ona/JPC)

Ide Skywalk Cicadas Dikritik, Ridwan Kamil: Saya Tunggu Apa Solusinya