JawaPos Radar

Idul Adha, Pembersih Kepala Sapi Raup Rp 1 Juta/Hari

24/08/2018, 10:04 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Hewan Kurban
Para penyedia jasa pembersih rambut hewan sedang sibuk membakar untuk mempermudah membersihkan. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Hari Raya Idul Adha menjadi berkah tersendiri bagi sebagian masyarakat. Selain penjual arang dan tusuk sate, penyedia jasa pembersih rambut hewan juga turut ketiban rezeki.

Bahkan dalam sehari, para penyedia jasa pembersih rambut di pasar Kota Bojonegoro dapat meraup untung cukup lumayan besar. "Saya setiap Idul Adha selalu membuka jasa pembersih bulu hewan kurban. Aktifitas ini sudah saya lakukan sejak 55 tahun silam," kata Suwono, salah satu penyedia jasa pembersih bulu hewan kepada JawaPos.com, Kamis (23/8).

Musim kurban seperti sekarang merupakan hari yang selalu dinanti Suwono Karena penghasilan dari pekerjaan tersebut cukup lumayan. Yakni, mencapai Rp 1 juta per hari.

Hewan Kurban
Para penyedia jasa pembersih rambut hewan sedang sibuk membakar untuk mempermudah membersihkan. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)

"Selain kepala sapi, saya juga menerima pembersihan rambut kaki sapi, kepala, kaki dan kulit kambing. Penghasilan rata-rata mencapai Rp 1 juta perhari, bisa lebih. Musim kurban ini biasanya berlangsung selama tiga hari dan hari ini terakhir," terang warga Kelurahan Ledok Wetan, Kecamatan Kota Bojonegoro itu.

Suwono mampu membersihkan puluhan kepala hewan dalam sehari. Dia menggunakan dua tungku, pembakaran menggunakan kayu bakar serta alat pemanas gas torch berbahan dasar gas elpiji.

"Proses pembakaran rambut hewan kurban dibantu anak dan menantu saya. Dalam sehari, biasanya dapat menyelesaikan 10 kepala sapi, 40 kali sapi, 50 kepala kambing, 200 kaki kambing dan 5 kulit kambing," terangnya.

Biaya pmbersihan bulu hewan pun bervariasi. Yakni, untuk satu kepala sapi Rp 50 ribu, satu kaki sapi Rp 10 ribu, satu kepala kambing Rp 10 ribu dan setiap empat kaki kambing Rp 10 ribu. Sementara pembersihan kulit kambing, dibanderol Rp 25 ribu.

"Besar kecilnya ukuran kepala sapi ataupun kambing tidak mengubah harga jasa pembersihan. Biaya pembersihan memang lebih mahal Rp 5 ribu dibandingkan hari biasa. Ya karena ini ramai dan hanya musiman," ungkapnya.

Keberadaan penyedia jasa pembersih rambut hewan kurban cukup sangat membantu masyarakat. Karena selama ini, banyak panitia maupun masyarakat yang menerima jatah kurban namun kesulitan untuk mengurusnya. Terutama yang menerima bagian kepala, kaki dan kulit.

"Mengurusi bagian kepala itu memang sulit. Selain harus telaten, juga sangat ribet. Bila ingin membakar di rumah sendiri, alatnya tidak ada. Tetapi kalau di sini lengkap dan hasilnya juga bersih," aku Muhajir, 69, salah satu pengguna jasa pembersih bulu hewan.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up