JawaPos Radar

Dua Perusda Sudah Habiskan APBD Rp 33 M, Hasilnya Nihil

24/08/2018, 13:27 WIB | Editor: Ilham Safutra
Dua Perusda Sudah Habiskan APBD Rp 33 M, Hasilnya Nihil
Ilustrasi: dua BUMD yang diberikan suntikan modal dari Pemprov Sulsel tidak memberikan keuntungan apa-apa. (Pixabay.com)
Share this

JawaPos.com - Kehadiran dua Perusahaan Daerah (Perusda) di Sulsel tidak memberikan efek positif terhadap pendapatan daerah. Bantuan modal yang digelontorkan Pemprov Sulsel tidak berujung pada satu rupiah pun untuk dividen yang disetor ke kas daerah.

Dua Persuda Sulsel yang mendapat suntikan modal dari APBD adalah Perusda Agribisnis dan Perusda Penjaminan Kredit Daerah. Total APBD yang sudah digelontorkan ke dua perusda tersebut Rp 33,1 miliar. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merekomendasikan kepada Pemprov Sulsel segera mengevaluasi dua perusda itu.

Ketua DPRD Sulsel Moh. Roem mengakui, kinerja dua perusda itu tidak jelas. "Daripada jadi beban saja. Ke depan saya kira gubernur terpilih harus mengevaluasi perusda. Jangan sampai kita subsidi terus, padahal tidak jelas," tambahnya.

Sementara itu, biro perekonomian terkesan menghindar ketika dimintai data tentang kinerja Perusda Pemprov Sulsel. Kepala Bagian Sarana dan Prasarana Biro Perekonomian dan Kerja Sama Pemprov Sulsel Andi Syaifullah terus menghindar saat hendak ditemui Fajar (Jawa Pos Group).

Dia menolak memberikan data, terutama soal dividen yang diberikan setiap tahun dari dua perusda tersebut. "Nanti Dik, saya kasih," ujarnya.

Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono mengatakan segera menggelar rapat untuk mengevaluasi kinerja perusda. Selalu mendapat suntikan modal, namun kontribusinya tidak menjanjikan. 

(mustaqim/andi/kasman/c4/ami)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up