alexametrics

Berbenah, Venue Stadion Mandala Krida Bakalan Berkelas Internasional

24 Agustus 2018, 16:26:33 WIB

JawaPos.com – Stadion Mandala Krida Jogjakarta berbenah. Hampir seluruh bahan konstruksi untuk venue olahraga di kompleks Stadion Mandala Krida masuk dalam spesifikasi kelas internasional.
Hal itu guna mewujudkan mimpi agar Jogja bisa menjadi langganan perhelatan olahraga berkelas nasional maupun internasional.

Seperti yang baru saja datang dari Jerman pada Jumat (17/8) lalu, berupa bahan untuk sirkuit atletik. “Kami ingin kualitas yang terbaik, kualitas internasional. Tidak dipatok dari negara mana. Bahan untuk sirkuit atletik itu untuk mengejar sertifikat internasional,” kata Kepala Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Daerah Istimewa Jogjakarta (DIJ) Edy Wahyudi, Jumat (24/8).

Dari pengalaman, ketika ada perhelatan olahraga internasional di Jogja yang biasanya menggunakan Gedung Olahraga (GOR) Amongrogo dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dari sisi teknis selalu ada perbaikan. Seperti misal penambahan fasilitas air hangat dan dingin untuk kamar mandi.

Tuntutan seperti itu pun dirasa cukup merepotkan, karena harus ada pembenahan. Agar hal tersebut tak terulang lagi, maka lebih baik dipersiapkan dari awal konstruksi.

Selain sirkuit atletik, pengerjaan saat ini juga merambah pada rumput lapangan untuk sepak bola. Untuk bahan yang digunakan mirip dengan yang dipasang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Seperti halnya atletik, untuk venue sepak bola ini juga ditarget bisa menggelar event berskala nasional maupun internasional. Dengan kapasitas tribun penonton sekitar 35 ribu sampai 40 ribu.

“Sepak bola kami proyeksinya ke sana (standar internasional). Ini baru pengerjaan rumput juga. Dengan anggaran terbatas, tapi kami ingin standar venue yang seperti diharapkan banyak orang,” ucapnya.

Secara keseluruhan pengerjaan saat ini sudah lebih dari 50 persen. Ditargetkannya bisa selesai sesuai jadwal, yaitu pada Oktober atau November mendatang. “Kalau bisa lebih cepat,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)


Close Ads
Berbenah, Venue Stadion Mandala Krida Bakalan Berkelas Internasional