JawaPos Radar

Asian Games, Disbudpar Jabar: Kami Jual Semua Destinasi

24/08/2018, 11:08 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Ida Hernida
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbupar) Jabar Ida Hernida. (Siti Fatonah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Perhelatan Asian Games 2018 turut berdampak pada sektor pariwisata. Bukan hanya di Jakarta dan Palembang selaku tuan rumah, dampak kunjungan wisata juga dirasakan daerah-daerah di sekitarnya.

Momen itupun tak disia-siakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jawa Barat (Jabar). Segala potensi wisata ditawarkan. Baik kepada kontingen Asian Games maupun terhadap warga asing yang datang untuk menyaksikan multieven olahraga terakbar tingkat Asia tersebut.

"Kami jual (promosikan) semua destinasi. Tapi tetap Bandung Raya jadi favorit. Juga jual Cirebon, Jabar Selatan dan yang lagi ngetop di dunia Geopark Ciletuh, Sukabumi. Kami jual semua di paket wisata yang kami perkenalkan pada tamu Asian Games," kata Kepala Disbudpar Jabar Ida Hernida di Bandung, Jumat (24/8).

Pemerintah bersama pelaku pariwisata memperkenalkan segala potensi dengan menyediakan promo hotdeal. Tak hanya untuk tempat pariwisata, tapi juga penginapan dan promo belanja dengan potongan maksimal 50 persen. Promo hotdeal khusus berlaku selama gelaran Asian Games 2018.

Ida menambahkan, pihaknya belum bisa memprediksi seberapa besar dampak Asian Games terhadap pariwisata Jabar. Namun hal tersebut bisa digambarkan dengan hitungan kasar.

Kontingen 45 negara datang ke Indonesia membawa atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor). Kemudian 3.000-an wartawan dari berbagai negara yang datang meliput, hingga keluarga dan suporter atlet banyak yang datang ke Indonesia.

"Catatan belum ada, karena masih berlangsung. Tapi kalau dihitungkan gampang banget. Misal 3.000 wartawan dengan kontingen 45 negara dengan sekian cabor. Maka akan berdampak pada pariwisata Jabar," paparnya.

Dengan menghadirkan paket murah, tentu akan sangat berdampak di sektor pariwisata dan perekonomian Jabar. Namun ada yang paling penting dari paket murah. Yakni, sikap masyarakat Jabar kepada para tamu Asian Games.

"Berharap masyarakat yang friendly tourism. Sehingga bukan kali ini (Asian Games) saja mereka datang ke Jabar. Tapi akan kembali lagi dikemudian hari dan membawa keluarganya," ucap Ida.

(ona/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up