2 Desa di Bojonegoro Dapat Bantuan Air Bersih

24/08/2018, 17:05 WIB | Editor: Sofyan Cahyono
Petugas BPBD Bojonegoro saat droping air bersih di Desa Simberjokidul, Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro. (Yudi Handoyo/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mulai melakukan droping air bersih ke sejumlah wilayah terdampak kekeringan. Setidaknya ada dua desa yang mendapatkan distribusi air bersih.

Adalah Desa Bakulan, Kecamatan Temayang, dan Desa Sumberjokidul, Kecamatan Sukosewu, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur (Jatim). Masing-masing desa mendapat satu tangki berkapasitas 6.000 liter air bersih.

Sementara wilayah terdampak kekeringan lainnya belum mendapatkan distribusi air bersih. Di antaranya Desa Tlogohaji, Kecamatan Sumberrejo, dan Desa Tengger, Kecamatan Ngasem. Kemudian Desa Sugihwaras dan Desa Jumok, Kecamatan Ngraho.

"Hingga saat ini kami telah menyalurkan bantuan air bersih ke dua wilayah kekeringan. Untuk tiga kecamatan lain yang telah melapor, segera kami droping. Proses pengirimannya sudah kami jadwal," terang Plt Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Nadif Ulfia, Jumat (24/8).

Sebelumny, untuk memenuhi keperluan sehari-hari, warga berusaha mendapatkan air dari embung atau bendungan yang jaraknya sekitar 2-3 km. Karena sumur-sumur milik warga sudah mengalami kering sejak tiga bulan terakhir.

Ulfia menyampaikan, wilayah terdampak kekeringan berpotensi bertambah. Sebab berdasarkan data tahun lalu, ada 26 desa dari 10 kecamatan di Bojonegoro yang dilanda kekeringan.

"Mengingat musim kemarau masih panjang, wilayah terdampak kekeringan bisa bertambah meluas. Hanya saja belum semua desa maupun kecamatan yang melaporkan dampak kemarau ini," ujar.

BPBD Bojonegoro sudah menyiapkan sejumlah anggaran untuk penyaluran droping air bersih. Petugas telah disebar untuk melakukan pemantauan wilayah dan menyampaikan laporan secepatnya. "Anggaran sudah kami siapkan. Selagi ada laporan, langsung kami jadwal untuk droping," tutup Ulfia.

(yud/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi