alexametrics

Tuban Dapat Penghargaan Kota Layak Anak Kriteria Pratama

24 Juli 2018, 23:09:04 WIB

JawaPos.com – Kabupaten Tuban menerima penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Penghargaan diterima langsung Bupati Tuban Fathul Huda di Dyandra Convention Center, Kota Surabaya, Senin (23/7).

Pada kesempatan tersebut Menteri PPPA Yohana Yembise menyerahkan penghargaan tersebut kepada 176 Bupati dan Walikota lainnya dari 389 kabupaten dan kota se-Indonesia yang telah berkomitmen untuk menjadi KLA.

Pemberian penghargaan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi atas segala jerih payah para Bupati dan Wali Kota dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yakni upaya pemenuhan hak anak.

“Sejak pemerintah meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keppres Nomor 36 Tahun 1990, negara berkewajiban memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam konvensi tersebut,” kata Yohana saat memberi penghargaan, di Surabaya.

Sementara itu, Bupati Tuban Fathul Huda mengucapkan rasa syukur dan bahagia karena keras berbagai pihak lintas sektoral selama ini dalam mewujudkan Kabupaten Tuban menjadi Layak Anak bisa tercapai.

“Tanpa dukungan semua pihak tentu penghargaan ini belum bisa kita raih, terutama saya harapkan adanya peran serta masyarakat yang semakin baik lagi dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak,” ujar Huda.

Bupati dua periode tersebut menambahkan, saat ini rancangan peraturan daerah tentang KLA sudah di godok dan ditargetkan bisa disahkan akhir tahun ini sehingga dapat segera diimplementasikan.

Selain itu berbagai infrastruktur, mulai dari objek wisata, perpustakaan, arena olahraga, dan tempat publik lainnya, akan dioptimalkan dalam mengedepankan prinsip ramah anak.

“Saat ini sangat perlu didengarkan suara anak, mereka berhak mengemukakan pokok pikiran mereka terutama dalam memenuhi hak-hak mereka, karena sejatinya mereka adalah agen perubahan dan penerus bangsa ini kedepan,” ungkapnya.

Editor : Yusuf Asyari

Reporter : (yud/JPC)



Close Ads
Tuban Dapat Penghargaan Kota Layak Anak Kriteria Pratama