alexametrics

50 Ribu Porsi Sala Lauak Cetak Rekor MURI

24 Juli 2018, 20:53:48 WIB

JawaPos.com – Peringatan Hari Anak Nasional 2018 digelar di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Kota Padang. Sebanyak 50 ribu porsi sala lauak disuguhkan kepada anak-anak Pendidikan Usia Dini (Paud) yang hadir. Banyaknya porsi makanan khas Pariaman yang dihidangkan itu sekaligus mencetak rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

“Sala lauak itu bahan dasarnya ikan. Nah, ini sekaligus bentuk kampanye pemerintah kepada anak-anak agar gemar memakan ikan,” kata Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Selasa (24/7).

Dari ribuan anak-anak, ada beberapa yang enggan memakan ikan. Dengan dikemas menjadi sala lauak, mereka bisa lebih tertarik untuk mengonsumsi ikan. “Ikan meningkatkan kesehatan dan kecerdasan. Makanya, mari sama-sama ajak anak kita gemar makan ikan,” ajak Irwan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar Yosmeri menjelaskan, sala lauak tidak hanya dibuat dari ikan laut. Tapi semua ikan bisa bisa diolah menjadi sala lauak.

Saat ini, tingkat konsumsi ikan masyarakat Sumbar mencapai 34,3 Kg per kapita. “Mudah-mudahan terus meningkat seiring gencarnya sosialisasi kami,” harap Yosmeri.

Sementara itu, Ketua Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Sumbar Nevi Zuairina menambahkan, gemar makan ikan harus digiatkan sedini mungkin. Sebab 50 persen perkembangan otak anak terjadi pada usia dini.

Editor : Sofyan Cahyono

Reporter : (rcc/JPC)

50 Ribu Porsi Sala Lauak Cetak Rekor MURI