alexametrics

Puncak Arus Balik di Jatim Diprediksi Terjadi Hari Ini 

24 Juni 2018, 13:10:50 WIB

JawaPos.com – Meskipun lebaran telah usai, namun kepadatan lalu lintas di Malang masih terlihat. Kendaraan terpantau memadati sepanjang fly over Arjosari, Kota Malang hingga ke sepanjang Singosari, Kabupaten Malang, Minggu (24/6). 

Terpantau, kendaraan padat merayap dengan dominasi plat daerah luar. Misalnya saja DK, W, L dan S. Arus lalu lintas masih didominasi oleh roda empat. Arus lalu lintas kemudian memecah di simpang empat Karanglo, Singosari. Sebagian kendaraan dari arah Malang mengarah ke arah Batu. Sementara yang lainnya dari Malang menuju Surabaya. 

Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Malang, Iptu Edi Purnama menjelaskan, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi hari ini. Pasalnya, Senin (25/6) merupakan waktu untuk pendaftaran sekolah bagi calon siswa baru. 

“Ada pemudik yang masih memanfaatkan masa liburannya. Kalau yang sekarang, ini adalah pemudik non pekerja kantoran dan PNS. Jadi diperkirakan balik sekarang,” kata Edi, Minggu (24/6).

Dia menambahkan, kepadatan arus lalu lintas sudah terlihat sejak H+3 lebaran. Kendaraan tersebut, kebanyakan adalah kendaraan dari Surabaya menuju Malang. Mayoritas kendaraan itu mengarah ke Batu. Pengguna jalan diperkirakan merupakan wisatawan yang hendak rekreasi ke kota dingin tersebut. 

Sementara itu, arus balik terlihat sejak Rabu (20/6). Pasalnya, Kamis (21/6) adalah hari pertama masuk kerja bagi pegawai kantoran dan PNS. 

Meski begitu, untuk arus balik dari arah Malang menuju Surabaya atau sebaliknya terpantau sama-sama padat. Terlihat, kedua ruas jalan padat merayap. Namun tidak terjadi penumpukan kendaraan. 

“Dua arah itu seimbang. Kami awalnya memprediksi, untuk arus balik, arah Surabaya lebih padat. Ternyata sama saja. Dari Surabaya ke Malang juga sama-sama padat,” beber dia. 

Selama arus balik, imbuh Edi, diperkirakan, ada sekitar 3.000 roda empat dari Surabaya, yang masuk ke Malang setiap satu jam. Sedangkan dari arah berlawanan, diperkirakan 2.500 per jam.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (tik/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Puncak Arus Balik di Jatim Diprediksi Terjadi Hari Ini