alexametrics

Ini Penyebab Macet Saat Arus Balik Lebaran

24 Juni 2018, 11:10:44 WIB

JawaPos.com – Terjadinya kepadatan pada hari terakhir arus balik libur lebaran terjadi karena beberap faktor. Salah satunya, karena adanya mobil barang yang telah beroperasi pada saat yang sama.

Hal itu, dikatakan oleh Kepala Bagian Penerangan Satuan Divisi Humas Polri, Kombes Yusri Yunus. Ia mengatakan, sosialisasi pemberlakukan Peraturan Menteri Perhubungan tentang pengaturan lalu lintas pada masa angkutan lebaran tahun 2018 kurang efektif. Begitu pula dengan kurang tegasnya anggota lalu lintas dalam melakukan penegakkan hukum.

Khususnya, terhadap pelarangan operasional mobil penumpang pada 12-14 Juni dan 23-24 Juni. “Hal ini masih terlihat adanya mobil barang yang masih beroperasi di jalan tol. Sehingga mengakibatkan perlambatan dan kepadatan arus lalu lintas,” kata dia melalui keterangan pers, Minggu (24/6).

Kendati demikian, kepadatan bisa diatasi dengan cepat dan tepat dengan mengambil langkah antisipatif. “Ini membuat arus balik sampai saat ini berjalan aman, lancar dan terkendali,” sebut Yusri.

Sementara itu dia menerangkan, sejak Sabtu kemarin, (23/6), terjadi peningkatan arus balik lalu lintas dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah mengarah Jakarta. Terpantau melalui tol Cikarut, 66.279 kendaraan atau 33 persen melintas di to tersebut. Jumlah itu meningkat dari kondisi normal sebanyak 49.803 kendaraan.

Di sisi lain, faktor lainnya berdasarkan perbandingan data jumlah kecelakaan lalu lintas selama operasi ketupat dari H-8 sampai H+8 tahun 2017 dengan 2018.

“Dibandingkan tahun 2018 sebanyak 824 kejadian atau -30 persen, serta penurunan perbandingan data jumlah korban meninggal dunia sebanyak 229 Orang atau kurang -34 persen,” pungkas Yusri.

Editor : Budi Warsito

Reporter : (dna/JPC)


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Ini Penyebab Macet Saat Arus Balik Lebaran