alexametrics

Saat Musim Lebaran, PT KCI Akan Tambah Fasilitas Untuk Pengguna KRL

24 Mei 2019, 07:28:42 WIB

JawaPos.com – Jelang Hari Raya Idul Fitri 2019, pengguna jasa Kereta Rel Listrik (KRL) biasanya akan mengalami lonjakan. Oleh sebab itu, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) akan menambah berbagai fasilitas untuk menunjang hal itu. Penambahan mrliputi aspek jumlah petugas untuk pelayanan dan keselamatan, serta kesiapan pola operasi dan kesiapan sarana untuk kelancaran perjalanan.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti, mengatakan, dari aspek sarana mereka menyiapkan 236 unit vending machine, 196 loket manual, dan 28 loket portable di beberapa stasiun besar yang terletak di relasi perjalanan Bogor-Jakarta Kota, Bogor-Jatinegara, Bekasi, Jakarta-Kota dan Rangkasbitung-Tanah Abang.

“Melalui penambahan fasilitas dan pelayanan ini antrian bisa diatasi terutama membantu pelanggan musiman yang memanfaatkan waktu liburan,” kata Wiwik di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (23/5).

PT KCI juga turut menyiapkan 11 ruang menyusui portable diantara di Stasiun Bojong Gede, Stasiun Citayam, Stasiun Tebet, Stasiun Depok, dan Stasiun Bogor. Adapula penambahan 12 toilet portable yang tersebar di Stasiun Manggarai, Sudirman, Lenteng Agung, Citayam, dan Rawa Buntu.

Kenaikan jumlah penumpang KRL saat musim Hari Raya Idulfitri memang biasa terjadi. Hal itu dikarenakan banyak pelanggan musiman yang mendadak muncul memanfaatkan jasa kereta untuk berkunjung ke tempat saudaranya maupun ke area wisata di Jakarta.

Oleh sebab itu, Wiwik meminta kepada seluruh pengguna KRL baik pelanggan rutin maupun pelanggan musiman agar tetap memperhatikan keselamatannya. Rambu-rambu keselatan yang tersedia harus dipatuhi oleh seluruh pengguna.

Sedangkan syarat-syarat sebagai penumpang pun harus tetap diperhatikan. Seperti tiket hanya berlaku untuk satu orang, batas maksimal barang bawaan dan memberikan tempat duduk bagi pengguna prioritas.

“Paling utama adalah selalu pioritaskan keselamatan dengan tidak memaksakan diri naik KRL jika sudah penuh, mendahulukan penumpang yang turun, mengawasi putra putri nya, dan menunggu KRL di belakang garis aman peron berwarna kuning,” pungkas Wiwik.

Posko angkutan lebaran ini sendiri akan dimulai pada 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019. Program ini difungsikan untuk membantu pelayanan di stasiun. Sehingga apabila terjadi kepadatan, petugas di lapangan dapat langsung mengatur alur penumpang. Ada 4.142 personel keamanan yang diturunkan dalam momen ini, mereka tersebar di 80 Stasiun di seluruh Jabodetabek.

Penambahan layanan dilakukan karena melihat adanya pertumbuhan penumpang setiap momen Idulfitri dalam 2 tahun terakhir. Tercatat H-7 sampai dengan H+7 musim lebaran tahun 2017 PT KCI berhasil melayani 11.001.459 penumpang. Sedangkan pada H-7 sampai dengan H+7 musim Lebaran tahun 2018 PT KCI berhasil melayani 11.208.786 penumpang. Atau mengalami kenaikan setidaknya 3 persen

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Sabik Aji Taufan



Close Ads