alexametrics

Merapi Terus Erupsi, BPBD Jateng: Evakuasi Warga dan Hewan Ternaknya

24 Mei 2018, 14:55:33 WIB

JawaPos.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jateng, Sarwa Pramana menginstruksikan kepada tiga daerah terdampak gunung Merapi, yakni Kabupaten Boyolali, Klaten dan Magelang untuk melakukan persiapan dini erupsi Merapi.

Diantaranya yakni menentukan titik pengungsian dan juga menyiapkan kandang komunal untuk hewan ternak milik warga. Hal ini karena, nantinya jika terpaksa dilakukan, evakuasi tidak hanya dilakukan terhadap warga melainkan juga hewan ternaknya. 

“Untuk masing-masing kabupaten sudah saya minta untuk mengecek kesiapannya. Seperti peralatan, kemudian selter yang akan digunakan untuk tempat evakuasi korban. Juga kandang komunal,” ungkap Sarwa saat berada di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Klaten, Rabu (24/5).

Keberadaan kandang komunal tersebut menurut Sarwa sangat penting. Hal ini untuk mengantisipasi adanya warga yang nekad kembali ke rumahnya hanya untuk melihat kondisi hewan ternak atau memberi makan ternaknya. 

Padahal, rumah warga masuk dalam radius berbahaya. Dan apa yang dilakukan warga tersebut jelas menabrak rambu. Mengingat, saat kondisi sudah masuk awas maka warga seharusnya dilarang untuk kembali ke rumahnya.

Untuk itu, Sarwa pun meminta kepada pemerintah di tiga kabupaten tersebut untuk segera menyiapkan kandang komunal. “Hewan ternak itu merupakan aset, harta milik warga yang digunakan untuk membiayai anaknya dan biaya pernikahan. Kandang komunal itu bisa di lapangan sehingga bisa menampung hewan ternak milik warga,” katanya. 

Sarwa juga mengatakan, bahwa antisipasi ini berkaca dari pengalaman letusan yang terjadi pada tahun 2010 silam. Di mana banyak warga yang ternyata kembali ke rumahnya masing. “Evakuasi hewan ternak itu tidak mudah apalagi hewan ternaknya harganya mahal, ada yang lebih dari Rp 26 juta,” pungkasnya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (apl/dho/JPC)



Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads
Merapi Terus Erupsi, BPBD Jateng: Evakuasi Warga dan Hewan Ternaknya