alexametrics

Merapi Bergejolak, Pariwisata di Sleman Utara Lumpuh

24 Mei 2018, 17:07:01 WIB

JawaPos.com – Erupsi Gunung Merapi di Jogjakarta mulai berdampak luas, salah satunya dunia pariwisata. Akibat bergejolak dan berstatus waspada, dunia pariwisata di Sleman, khususnya bagian utara yang berdekatan dengan lereng Merapi lumpuh.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih mengatakan, pos retribusi di Umbulharjo untuk masuk ke objek wisata Volcano Tour hingga kini masih tutup. Begitu pun layanan wisata Jeep Lava Tour.

“Pos retribusi ditutup, untuk Jeep menyesuaikan situasi dan kondisi nanti,” katanya, Kamis (24/5).

Diakuinya, bergejolaknya Merapi selama beberapa hari terakhir sangat berdampak pada pariwisata sekitar. Namun penurunan kunjungan diklaimnya tidak terlalu signifikan. “Tentunya pengaruh, tapi tidak terlalu signifikan,” ucapnya.

Di kawasan wisata Kaliurang pun banyak pedagang yang memilih untuk menutup warung-warungnya. Antisipasi terhadap penjarahan makanan yang dilakukan monyet-monyet ekor panjang juga sudah dilakukannya. “Warungnya dikunci, sudah diamankan pedagang. Monyet di kawasan parkir Tlogo Putri sudah biasa,” kata Kepala Resort Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Pakem-Turi, Teguh Wardaya.

Mengenai monyet yang turun sampai ke bawah akibat adanya peningkatan aktivitas Merapi belum ada laporan. Ia mengaku sampai kini belum mengetahuinya.

Editor : Sari Hardiyanto

Reporter : (dho/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Merapi Bergejolak, Pariwisata di Sleman Utara Lumpuh