alexametrics

Tol Mapan Bakal Beroperasi Sebelum Lebaran

24 Maret 2019, 15:15:34 WIB

JawaPos.com – Kabar gembira bagi anda yang sudah merencanakan mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi maupun kendaraan umum dengan melewati tol. Pasalnya, Tol Malang-Pandaan (Mapan) bakal beroperasi sebelum lebaran mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Bina Marga terkait pengoperasian tol sebelum lebaran tersebut. “Sebelum lebaran tol Mapan sudah fungsional. Tapi akan dipastikan dengan Bina Marga dulu,” ujarnya saat berkunjung ke Malang, Minggu (24/3).

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Malang mengajukan agar Tol Mapan diperpanjang hingga daerah Panjen. Hal itu pun mendapat respon positif dari Kementerian Perhubungan.

Tol Mapan Bakal Beroperasi Sebelum Lebaran
Tol Malang-Pandaan (Mapan) bakal beroperasi sebelum lebaran mendatang. (Fiska Tanjung/JawaPos.com)

“Saya rasa kemacetan dari kota ke Kabupaten Malang sangat luar biasa. Kalau ada yang meminta agar diperpanjang sampai Panjen saya rasa bisa. Akan saya koordinasikan dengan Kementerian PUPR,” terangnya.

Dia mengungkapkan, saat ini infrastruktur jalan seperti tol sudah semakin panjang. Hal itu pun diharapkan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat.

“Peningkatan sarana dan prasarana ini diharapkan mampu diimbangi dengan perilaku masyarakat yang baik dan aman dalam berkendara,” tuturnya.

Sebagai informasi, jalan tol Mapan terdiri atas lima seksi, yakni Seksi 1 di Pandaan-Purwodadi; Seksi 2 di Purwodadi-Lawang; Seksi 3 di Lawang-Singosari; Seksi 4 di Singosari-Pakis; dan Seksi 5 di Pakis-Malang. Nilai investasi dari jalan tol sepanjang 38.48 kilometer itu mencapai Rp 5.97 triliun.

Namun, untuk saat ini pengerjaan jalan tol di seksi 5 sementara waktu dihentikan akibat adanya temuan situs purbakala dari era sebelum Majapahit. Penghentian sementara tersebut dilakukan sampai hasil ekskavasi dari tim Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) keluar.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Fiska Tanjung

Tol Mapan Bakal Beroperasi Sebelum Lebaran