alexametrics

Pesan Jokowi dari Peresmian MRT Jakarta, Jangan Nyampah

24 Maret 2019, 10:18:14 WIB

JawaPos.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan moda transportasi masal, kereta Ratangga. Peresmian yang berlangsung di Bundaran HI, Jalan MH Thamrin, Jakarta itu dipadati ribuan warga.

Masyarakat Ibu Kota yang tengah berolahraga di arena car free day (CFD) itu terlihat begitu antusias. Pada kondisi yang begitu ramai itu Presiden Jokowi berpesan kepada warga Jakarta.

“Yang belum nyoba, besok coba. Mumpung masih gratis. Sebulan lagi bayar,” ujar Jokowi saat pidato di Bundaran HI Jakarta, Minggu (24/3).

Pesan Jokowi dari Peresmian MRT Jakarta, Jangan Nyampah
MRT Jakarta saat tiba di stasiun. (Dery Ridwansah/JawaPos.com)

Sang Presiden berpesan agar masyarakat pengguna MRT Jakarta dapat ikut merawat dan menjaga kebersihan fasilitas moda raya terdadu tersebut. Menurut mantan gubernur DKI Jakarta itu, kehadiran MRT menjadi momentum untuk mengubah budaya masyarakat Indonesia. Terutama di Ibu Kota Jakarta.

Masyarakat didorong untuk mengoptimalkan angkutan masal dalam melakukan perjalanan. Lalu mengurangi penggunakan kendaraan pribadi. Tujuannya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang sudah menimbulkan kerugian yang begitu besar.

“Jangan buang sampah di MRT. Jaga agar stasiun yang kita miliki tidak kotor. Sanggup?” ujar Jokowi seraya bertanya kepada warga yang tengah hadir di lokasi peresmian.

Bentuk perubahan budaya itu terlihat dari sejumlah fasilitas di lokasi stasiun MRT. Gate masuk tidak dioperasikan oleh manusia, melainkan mesin yang akan dibuka dan ditutup secara otomatis. Fasilitas itu harus dijaga. Semua rambu-rambu petunjuk agar dipatuhi demi keselamatan.

“Kalau mau naik MRT ngantre jangan desak-desakkan. Budayakan antre dan disiplin waktu,” ujar mantan wali Kota Solo itu mengakhiri.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : Romys Binekasri

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Pesan Jokowi dari Peresmian MRT Jakarta, Jangan Nyampah