alexametrics

Menhub Budi: Pembangunan MRT Fase III Cikarang-Balaraja Dimulai 2020

24 Maret 2019, 12:17:44 WIB

JawaPos.com – MRT Jakarta resmi beroperasi hari ini, Minggu (23/3). Selanjutnya, pembangunan fase II dari Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Kampung Bandan sepanjang 8,3 kilometer (km) akan dimulai paling lambat pada awal April 2019.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan MRT fase III juga akan dimulai pada 2020. Rute yang terhubung akan dimulai dari Cikarang hingga Balaraja sepanjang 78 KM.

“Insya Allah tahun ini atau awal depan kita akan mulai tahap ketiga Cikarang sampai Balaraja 78 km. Jadi pada saat itu kalau sudah kebangun kita sudah memiliki 100 km MRT,” kata Menhub Budi di Jakarta, Minggu (24/3).

Untuk pembangunan MRT fase II, sudah ditentukan pemenang tender. Rencananya, pembangunan ini melibatkan kontraktor lokal.

“Kita memang akan terus melakukan ini karena tahap demi tahap akan dilakukan karena pada dasarnya kita sedang mengkonsepkan Jakarta sebagai suatu kota paling besar di Indonesia menjadi kota dengan angkutan massal yang paripurna,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, MRT fase II rencananya akan memiliki rute dari Bundaran Hotel Indonesia (HI) hingga Jakarta Kota. Pada rute ini akan dilengkapi delapan stasiun yang meliputi stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Kampung Bandan. Pembangunan ini direncanakan bakal dilanjutkan hingga ke Ancol dan diproyeksikan rampung semua pada 2024 mendatang.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Menhub Budi: Pembangunan MRT Fase III Cikarang-Balaraja Dimulai 2020