alexametrics

Bupati Musi Banyuasin Promosikan Sawit dan Karet Hingga ke Belanda

24 Maret 2019, 15:30:31 WIB

JawaPos.com – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya mengembangkan komoditas hasil pertanian yakni sawit dan karet.

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin pun mempromosikan langsung kedua komoditas tersebut hingga Belanda saat pertemuan IDH Global di Arthur Van Schendelstraat, Utrecht.

Kabag Humas Muba, Herryandi Sinulingga mengatakan, pertemuan ini merupakan undangan resmi dari IDH Global dimana saat itu dihadiri langsung Program Direktor IDH, Daan Wensing dan Senior Commodity Trade Specialist IDH, Willem Klaassens.

Dalam kesempatan ini, Bupati Dodi memaparkan langsung kedua komoditi hasil pertanian ini diantaranya sawit diubah menjadi bahan bakar nabati atau biofuel. Tujuannya, untuk menekan penggunaan energi fosil yang akan diterapkan di Muba. Sedangkan untuk karet digunakan untuk bahan campuran aspal.

“Realisasi ini mendapatkan hasil positif dari IDH. Mereka (IDH) bakal berkolaborasi untuk mengembangkan kedua komoditas tersebut,” katanya saat dihubungi, Minggu (24/3).

Untuk tahap awal, nantinya akan dilaksanakan pendataan terlebih dahulu terhadap petani swadaya, penguatan hingga pembentukan kelembagaan petani.

Selain itu, nantinya akan didorong para buyer dalam membeli produk komoditas harus melihat asal usulnya. Sehingga dapat diketahui kualitas komoditas tersebut. “Sejauh ini yang terdata baru 4 ribu hektar. Kedepan akan ditingkatkan lagi ke wilayah lainnya,” tutupnya.

Editor : Budi Warsito

Reporter : Alwi Alim



Close Ads
Bupati Musi Banyuasin Promosikan Sawit dan Karet Hingga ke Belanda