alexametrics

Anies: Infrastruktur MRT Berkelas Dunia

24 Maret 2019, 11:19:11 WIB

JawaPos.com – Moda Raya Terpadu (MRT) secara simbolis resmi dioperasikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Minggu (24/4). Artinya, pembangunan tahap 1 moda transportasi massal baru di Jakarta sudah dirampungkan.

Proses pembangunan MRT memakan waktu yang cukup lama atau sekitar 4 tahun. Bahkan, dalam perjalanannya, dibutuhkan waktu 20 tahun lebih agar bisa melihat MRT beroperasi di Jakarta. Impian warga Jakarta bisa menikmati kereta MRT baru terlaksana di era kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

“Pembangunan MRT ini, mulai dari ide, perancangan, hingga pembangunan, telah melalui jalan yang panjang dengan pasang surutnya. Terimakasih saya sampaikan kepada Gubernur Sutiyoso Gubernur Fauzi Bowo, Gubernur Joko Widodo, Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, dan Gubernur Djarot Saiful Hidayat,” ujar Anies saat memberikan sambutan pengoperasian MRT di hadapan Presiden RI, sejumlah menteri kabinet kerja, direktur MRT di Bundaran HI, Minggu (24/3).

Anies: Infrastruktur MRT Berkelas Dunia
MRT Jakarta (Dery Ridwansyah/ JawaPos.com)

Anies mengakatan, MRT ini adalah salah satu terobosan infrastuktur kelas dunia yang menempatkan Jakarta sebagai kota megapolitan modern. Menurutnya, Jakarta sebagai ibukota sebuah negara anggota G20 harus menjadi kota global yang maju, dan sejajar dengan berbagai kota utama dunia lainnya.

Proyek ini melibatkan 253.553 pekerja dalam pembangunan MRT Jakarta Fase 1 sejak groundbreaking sampai selesai, ditambah 546 orang karyawan PT MRT. Pada saat ini, MRT Jakarta telah terintegrasi dengan TransJakarta. “Ke depan, kami dorong terus integrasi dengan moda transportasi lainnya seperti LRT dan Commuter Line,” ujarnya.

Anies memperkirakan, per harinya akan ada 65.000 orang pengguna MRT, secara bertahap akan ditingkatkan menjadi 130.000 per hari di tahun depan.

“Kami juga mendorong MRT ini sebagai bagian dari Jaklingko, sebuah sistem integrasi transportasi Ibukota, mulai dari kendaraan kecil hingga kendaraan besar, dari first mile hingga last mile,” ujar Anies.

Peresmian MRT di kawasan Bundaran HI dihadiri oleh ribuan masyarakat dari berbagai penjuru ibu kota. Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo, perwakilan dari JICA, Kedubes Jepang, Direktur Utama PT MRT William Sabandar, dan sebagainya.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Wildan Ibnu Walid

Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Anies: Infrastruktur MRT Berkelas Dunia