Gibran Ungkap Keinginan Kaesang Terjun ke Politik

24 Januari 2023, 23:00:12 WIB

JawaPos.com–Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka ungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi, saat pulang ke Surakarta.

”Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik,” kata Gibran seperti dilansir dari Antara.

Meski demikian, Gibran belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024. ”Nggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya nggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu,” tambah Gibran.

Gibran mengatakan, ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi pada daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

”Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat,” ucap Gibran memuji Kaesang.

Gibran juga berkesempatan mengajak Kaesang dan Jokowi ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Surakarta.

”Kemarin kan kami ajak juga ke Solo Safari, Technopark, Ngarsopuro. Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokoke ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi,” tutur Gibran.

Sementara itu, terkait partai politik yang ingin diikuti Kaesang, Gibran mengaku belum mengetahuinya. ”Nanti biar Kaesang saja yang memutuskan,” ucap Gibran.

Disinggung mengenai isu dinasti politik yang mungkin akan mencuat, Gibran mengatakan, kontestasi dalam politik merupakan kompetisi. ”Bisa menang, bisa kalah. Kaesang kemarin hanya melontarkan keinginan, kalau keseriusan tanya Kaesang sendiri,” ujar Gibran.

Sementara itu, Gibran menyebut dirinya tidak ngotot kemana-mana terkait kontestasi politik. ”Saya tidak ngotot mau kemana, fokus dulu kerjaan di sini,” papar Gibran.

Dia mengatakan, masih banyak pekerjaan rumah dan tugas yang harus dilanjutkan dari Wali Kota Surakarta sebelumnya FX Hadi Rudyatmo dan harus diselesaikannya. ”PR-PR dan tugas-tugas dari Pak Rudy untuk saya masih banyak, menyelesaikan itu dulu saja. Salah satunya Sriwedari (penataan Taman Sriwedari),” terang Gibran.

Sementara itu, disinggung mengenai pemilihan gubernur pada 2024, dia enggan banyak menanggapi. Meski demikian, dia tidak setuju jika pemilihan gubernur dapat diikutinya dengan mudah, termasuk Pilkada Jateng 2024. ”Ya semua butuh kerja keras, nggak bisa sambil tidur. Enak men (enak sekali),” kata Gibran.

Sebelumnya, terkait dengan kesiapan Pilkada 2024, dia hanya mengikuti perintah partai. ”Saya siap dengan perintah partai, bukan berarti saya mau nyagub (mencalonkan diri sebagai gubernur). Kalau ditugaskan ke Solo ya tetap di Solo boleh. Aku santai kok,” tutur Gibran.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah

Reporter : Antara

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads